Penggolongan Perusahaan Menurut Jenis dan Badan Usahanya (Lengkap)

Posted on

Agar lancar dalam belajar akuntansi sebaiknya anda tahu dulu materi tentang Penggolongan perusahaan.

Penggolongan Perusahaan

Mengapa perlu mengetahui penggolongan perusahaan?

Hal ini karena dalam proses akuntansi atau pembukuan antara jenis perusahaan satu dengan yang lainnya berbeda sesuai bentuk atau jenis perusahaannya.

Misalnya, perusahaan jasa cenderung menggunakan jurnal umum untuk mencatat bukti transaksi yang muncul, sedangkan perusahaan dagang cenderung menggunakan jurnal khusus untuk mencatat bukti transaksi yang muncul.

Untuk lebih detainya tentang pembahasan penggolongan perusahaan silahkan simak uraian berikut.

Perusahaan merupakan suatu kumpulan manusia atau organisasi yang jelas baik sistem kerja perusahaan maupun struktur kepengurusannya yang didalamnya terkadung kegiatan ekonomi baik itu produksi, distribusi maupun konsumsi dimana kegiatan tersebut bertujuan untuk memperoleh keuntungan secara ekonomi bagi pelaku usaha dan memenuhi kebutuhan ekonomi manusia secara umum.

Dalam dunia usaha terdapat beberapa jenis perusahaan yang beroperasi, secara detail penggolongan perusahaan dalam dunia usaha dapat dipahami dalam ulasan berikut ini:

Penggolongan Perusahaan menurut Jenis Usahanya

Perusahaan Jasa

Merupakan jenis perusahaan yang usahanya bergerak dalam bidang pemberian jasa kepada pihak lain.

Contoh perusahaan jasa yaitu Garuda Indonesia (Melayani jasa angkutan udara), Jasa Marga (Melayani jasa terkait jalan Tol), Indosat (Melayani jasa terkait telekomunikasi).

Perusahaan Dagang

Merupakan jenis perusahaan yang dalam operasinya membeli barang-barang kemudian dijual kembali kepada pihak lain untuk mendapat laba tanpa melalui proses pengolahan.

Contoh perusahaan dagang misalnya Indomart (Menjual Sembako dan sejenisnya), Dealer mobil (Jual Mobil), Gramedia (Jual Buku) dan sebagainya.

Perusahaan Industri / Manufaktur

Merupakan jenis perusahaan yang dalam kegiatanya berusaha mengolah bahan baku hingga menjadi barang jadi.

Contoh perusahaan industri misalnya Pabrik Kertas Tjiwi Kimia Tbk (Membuat Barang jadi berupa Kertas), Holcim Indonesia Tbk (Membuat produk jadi berupa semen), Astra International Tbk (Membuat produk jadi berupa sepeda motor dan barang otomotif lainnya), Indofood CBP Sukses Makmur Tbk (Membuat Barang jadi berupa makanan), Kimia Farma Tbk (Membuat Barang jadi berupa obat).

Penggolongan Perusahaan Menurut Badan usahanya

Perusahaan Perseorangan

Merupakan bentuk perusahaan yang dimiliki oleh orang perseorangan, dimana pemilik perusahaan sekaligus berperan sebagai manager perusahaan.

Perusahaan Firma (Fa)

Merupakan bentuk perusahaan yang dimiliki oleh dua orang atau lebih dan semuanya ikut bertanggung jawab terhadap perusahaan secara bersama-sama.

Perusahaan Komanditer (CV)

Perusahaan komanditer atau Comanditaire Vennootschap merupakan bentuk perusahaan yang dimliki oleh dua orang atau lebih, namun hanya satu atau beberapa orang saja yang bekerja aktif dalam perusahaan,sedang yang lainnya bersifat pasif.

Perusahaan Terbatas (PT)

Merupakan bentuk perusahaan yang bukti kepemilikanya berupa saham, atau bentuk perusahaan yang modalnya dijabarkan dengan mengeluarkan bukti-bukti kepemilikan yang dijual kepada umum.

Koperasi

Merupakan bentuk perusahaan yang didirikan sekelompok orang dengan maksud untuk meningkatkan kesejahteraan mereka bersama.

Demikianlah pembahasan penggolongan perusahaan dalam dunia usaha dalam situs akuntansi pendidik, semoga bermanfaat bagi anda.

Gravatar Image
Seorang Pendidik dibidang Ilmu Akuntansi. Lewat website ini saya publikasikan berbagai materi akuntansi untuk anda yang sedang belajar akuntansi. Lihat Profile Penulis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *