Pengertian dan Contoh Buku Besar Pembantu

Posted on

Pengertian Buku besar pembantu yaitu buku besar yang disusun untuk merinci Akun piutang, utang dan persediaan barang dagangan yang terdapat pada buku besar utama.

buku besar pembantu

Pencatatan ke dalam buku besar pembantu berdasarkan data dalam jurnal khusus yang bersangkutan atau langsung dari bukti transaksi.

Apabila pencatatan dilakukan berdasarkan bukti transaksi, maka saat terjadi transaksi keuangan yang melibatkan akun piutang, utang atau persediaan dilakukan pencatatan ke dalam buku besar pembantu.

Transaksi yang melibatkan munculnya, bertambah atau berkurannya piutang, utang atau persediaan barang antara lain pembelian barang dagangan secara kredit, penjualan barang dagangan secara kredit dan sebagainya.

Jenis Buku Besar Pembantu

Buku besar pembantu mempunyai 3 (tiga) jenis, dalam artikel ini akan dibahas dengan detail ketiga jenis buku besar tersebut. Berikut ini adalah penjelasannya, silahkan disimak dengan baik.

Buku Besar Pembantu Piutang

Buku besar pembantu piutang merupakan buku besar yang digunakan untuk mencatat besarnya piutang yang terdapat pada buku besar utama, berdasarkan nama-nama orang atau pihak yang berhutang (debitur)

Buku Besar Pembantu Utang

Buku besar pembantu utang merupakan buku besar yang digunakan untuk mencatat rincian besarnya utang yang terdapat pada buku besar utama, berdasarkan nama-nama orang atau pihak yang memberi utang (kreditur)

Buku Besar Pembantu Persediaan Barang Dagangan

Buku besar pembantu persediaan barang dagangan merupakan buku besar yang dgunakan untuk mecatat rincian nama barang dagangan berdasarkan jenis barang.

Sebagai contoh berikut ini diambilkan data yang terdapat pada postingan sebelumnya tentang Penyusunan Jurnal Khusus.

Berdasarkan data yang terdapat dalam jurnal penerimaan kas, jurnal penjualan dan jurnal umum yang terdapat pada jurnal khusus, maka disusun buku besar pembantu piutang sebagai berikut:

contoh buku besar pembantu

Apabila saudara telah memahami pembahasan ini silahkan anda memahami pembahasan selanjutnya tentang penyusunan jurnal penyesuaian perusahaan dagang yang ada dalam situs ini.

Demikianlah pembahasan Tentang buku besar pembantu dalam situs akuntansi pendidik, semoga postingan ini memberi manfaat bagi anda dan dapat membuat anda lebih mudah dalam belajar akuntansi.

Gravatar Image
Seorang Pendidik dibidang Ilmu Akuntansi. Lewat website ini saya publikasikan berbagai materi akuntansi untuk anda yang sedang belajar akuntansi. Lihat Profile Penulis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *