Siklus Akuntansi Biaya Pada Berbagai Jenis Perusahaan (Lengkap)

Posted on

Dalam Postingan Ini akan dibahas tentang Siklus Akuntansi Biaya yang diterapkan dalam berbagai jenis perusahaan, baik jenis perusahaan manufaktur, perusahaan jasa maupun perusahaan dagang.

Siklus Akuntansi Biaya Pada Berbagai Jenis Perusahaan

Dalam suatu perusahaan baik itu perusahaan jasa, perusahaan dagang maupun perusahaan manufaktur, Akuntansi Biaya Memiliki Peranan yang Penting.

Apa itu Pengertian akuntansi biaya?

Jika anda saat ini belum tahu pengertian akuntansi biaya maka sebaiknya anda pahami dulu artikel kami yang membahas tentang pengertian akuntansi biaya dengan bai.

Setelah anda paham betul tentang pengertian akuntansi biaya maka anda sekarang dapat memahami artikel tentang siklus akuntansi biaya ini dengan lebih mudah, selengkapnya silahkan anda baca dengan baik pembahasan berikut ini.

Siklus Akuntansi Biaya Pada Perusahaan

Berikut ini akan dijelaskan dengan baik terkait siklus akuntansi biaya pada tiga jenis perusahaan, yaitu perusahaan Dagang, perusahaan jasa dan Perusahaan Manufaktur.

Perusahaan Dagang

Siklus akuntansi biaya dalam suatu perusahaan sangat dipengaruhi oleh siklus kegiatan usaha suatu perusahaan.

Jadi siklus akuntansi biaya pada perusahaan dagang akan berbeda dengan perusahaan manufaktur maupun pada perusahaan jasa.

Mengapaa ada perbedaan?

Hal Ini karena siklus kegiatan perusahaan jasa, perusahaan dagang dan perusahaan manufaktur berbeda.

Siklus kegiatan perusahaan dagang dimulai dengan pembelian barang dagang tanpa dilakukan pengolahan lebih lanjut, kemudian diakhiri dengan penjualan barang dagang tersebut kepada para konsumen atau pelanggan.

Dalam perusahaan Dagang yang kegiatannya membeli dan menjual barang dagang tanpa pengolahan lebih lanjut terhadap barang dagang, maka siklus akuntansi biaya dimulai dengan pencatatan harga pokok barang dagangan yang dibeli dan berakhir dengan penyajian harga pokok barang dagangan yang dijual.

Tujuan utama akuntansi biaya dalam perusahaan dagang yaitu untuk menyajikan informasi tentang harga pokok barang dagangan yang dijual, biaya pemasaran, biaya administrasi dan umum.

Perusahaan Jasa

Pada Perusahaan jasa, siklus kegiatan usahanya dimulai dengan persiapan penyerahan jasa dan berakhir dengan penyerahan jasa kepada pemakainya.

Dalam perusahaan jasa, yang inti kegiatannya adalah menyediakan pelayanan jasa, siklus akuntansi biaya dimulai dengan pencatatan biaya persiapan penyerahan jasa dan berakhir dengan penyajian harga pokok jasa yang diserahkan kepada konsumen.

Akuntansi biaya pada perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa bertujuan untuk menyajikan informasi harga pokok per satuan jasa yang diserahkan kepada pemakai jasa.

Perusahaan Manufaktur

Pada perusahaan manufaktur, Siklus kegiatannya dimulai dengan pengolahan bahan baku dibagian produksi dan berakhir dengan penyerahan produk jadi kebagian gudang.

Dalam perusahaan manufaktur ini, siklus akuntansi biaya dimulai dari pencatatan harga pokok bahan baku yang dimasukan pada proses produksi, kemudian dilanjutkan dengan pencatatan biaya tenaga kerja langsung (BTKL), biaya overhead pabrik (BOP) yang dikonsumsi untuk produksi, serta diakhiri dengan penyajian harga pokok produk jadi yang diserahkan ke bagian gudang oleh bagian produksi.

Akuntansi biaya pada perusahaan manufaktur memiliki tujuan untuk menyajikan informasi harga pokok produksi per unit produk jadi yang diserahkan kepada bagian gudang.

Siklus akuntansi biaya pada sebuah perusahaan manufaktur dipakai untuk mengikuti proses pengolahan sebuah produk, sejak dari dimasukannya sebuah bahan baku ke dalam proses produksi hingga dihasilkan sebuah produk jadi dari proses pembuatan produk tersebut.

Untuk memperjelas pemahaman anda silahkan amati gambar berikut ini.

siklus akuntansi biaya

Dari Gambar Di atas maka dapat terlihat bahwa Akuntansi Biaya dalam perusahaan manufaktur memiliki tujuan untuk menentukan harga pokok produksi per satuan produk yang dihasilkan.

Siklus akuntansi biaya pada perusahaan manufaktur tersebut harus mengikuti proses pengolahan produk yang dilakukan, mulai pemasukan bahan baku ke dalam proses produksi sampai menjadi sebuah produk jadi, sebagaimana ditunjukan dalam gambar di atas.

Demikianlah pembahasan materi akuntansi biaya saat ini dalam web akuntansi pendidik. Semoga setelah membaca postingan ini anda semakin paham tentang siklus akuntansi biaya pada berbagai jenis perusahaan khususnya perusahaan manufaktur.

Gravatar Image
Seorang Pendidik dibidang Ilmu Akuntansi. Lewat website ini saya publikasikan berbagai materi akuntansi untuk anda yang sedang belajar akuntansi. Lihat Profile Penulis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *