Cara Membuat Laporan Perubahan Modal Perusahaan Dagang

Posted on

Selamat datang sahabat, dalam artikel ini akan di bahas Cara Membuat Laporan Perubahan Modal pada perusahaan dagang.

Cara Membuat Laporan Perubahan Modal

Sebenarnya cara membuat laporan perubahan modal pada perusahaan dagang maupun perusahaan jasa sama saja teknisnya, jadi jika anda dapat memahami artikel ini dengan baik maka anda akan menguasai dengan baik Cara Membuat Laporan Perubahan Modal untuk berbagai jenis perusahaan baik, perusahaan jasa, perusahaan dagang maupun jenis perusahaan manufaktur.

Pengertian Laporan Perubahan Modal

Laporan perubahan modal adalah jenis laporan keuangan yang menyajikan informasi terkait modal yang dimiliki suatu perusahaan serta menyajikan pula hal-hal yang menyebabkan modal tersebut bertambah atau berkurang sampai pada ahir periode akuntansi, sehingga dalam laporan perubahan modal ini akan diketahui modal ahir suatu perusahaan dalam periode tertentu.

Laporan perubahan modal merupakan salah satu jenis laporan keuangan yang utama disamping laporan laba-rugi, laporan neraca dan laporan arus kas.

Secara lebih terperinci dalam laporan perubahan modal suatu perusahaan yang bentuk badan usahanya berbentuk Perseorangan, CV atau firma terdiri atas modal awal perusahaan, laba yang diraih atau rugi yang diderita dan prive serta di ahir laporan akan diketahui modal ahir perusahaan.

Laba yang diraih perusahaan bersifat menambah modal awal sedangkan rugi yang diderita perusahaan bersifat mengurangi modal awal, prive bersifat mengurangi modal awal dari adanya penambahan atau pengurangan terhadap modal awal tersebut maka akan diperoleh modal ahir perusahaan.

Laporan perubahan modal dalam badan usaha yang berbetuk perseroan terbatas sedikit berbeda hal ini karena dalam perseroaan terbatas atau biasa disingkat PT modalnya berupa saham dan laporan perubahan modal dalam perseroan terbatas biasa disebut laporan laba ditahan.

Secara lebih detail laporan perubahan modal atau laporan laba ditahan dalam badan usaha yang berbentuk perseroan terbatas terdiri dari laba ditahan awal, laba bersih, dividen yang diumumkan dan laba ditahan ahir.

Laba bersih bersifat menambah laba ditahan awal sedangkan dividen yang diumumkan bersifat mengurangi dari penambahan atau pengurangan tersebut maka akan diperoleh laba ditahan ahir.

Untuk lebih jelasnya tentang bentuk laporan perubahan modal atau laporan laba ditahan badan usaha yang berbentuk perseroan dapat dilihat formatnya dalam artikel bentuk laporan keuangan.

Cara Membuat Laporan Perubahan Modal

Cara Membuat Laporan Perubahan Modal sangatlah mudah, Sama seperti halnya penyusunan laporan laba-rugi dan penyusunan neraca, laporan perubahan modal juga dapat disusun dengan mudah dari neraca lajur. Untuk lebih jelasnya perhatikanlah gambar neraca lajur PD Zafira berikut ini:

Neraca lajur perusahaan dagang

Simak Juga : Cara Membuat Neraca (Balance Sheet) Perusahaan Dagang

Berdasarkan neraca lajur PD Zafira diatas dapat diketahui saldo modal adalah Rp 75.000.000, Saldo Prive Rp 16.250.000 dan saldo laba Rp 109.824.000. Berdasarkan saldo-saldo tersebut maka dapat disusun laporan perubahan modal atau laporan perubahan ekuitas sebagai berikut:

laporan perubahan modal perusahaan dagang

Dalam laporan perubahan modal PD Zafira di atas menggambarkan bahwa terjadi kenaikan modal dari Rp 75.000.000 menjadi Rp 168.574.000 kenaikan modal ini terjadi karena adanya penambahan laba usaha yang diraih PD Zafira yaitu sebesar Rp 109.824.000 serta dari adanya pengurangan karena adanya prive sebesar Rp 16.250.000

Kesimpulan :

Laporan perubahan modal adalah jenis laporan keuangan yang menyajikan perubahan modal yang terjadi pada ahir periode akuntansi.

Perubahan tersebut dapat terjadi karena adanya laba yang diraih perusahaan atau rugi yang diderita perusahaan, perubahan juga dapat terjadi karena adanya prive.

Tujuan pembuatan laporan perubahan modal adalah untuk memberikan informasi tentang saldo modal perusahaan secara akurat kepada pihak-pihak yang berkepentingan.

Demikianlah pembahasan cara membuat laporan perubahan modal secara lengkap dalam situs akuntansi pendidik, semoga bermanfaat.

Gravatar Image
Seorang Pendidik dibidang Ilmu Akuntansi. Lewat website ini saya publikasikan berbagai materi akuntansi untuk anda yang sedang belajar akuntansi. Lihat Profile Penulis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *