Cara Membuat Laporan Laba Rugi Perusahaan Dagang

Posted on

Dalam Materi akuntansi ini, akan diterangkan Cara Membuat Laporan Laba Rugi untuk perusahaan dagang menggunakan bantuan neraca lajur atau kertas kerja yang telah disusun sebelumnya.

Cara Membuat Laporan Laba Rugi

Strukur Laporan Laba-rugi

Laporan laba rugi merupakan salah satu jenis laporan keuangan suatu perusahaan, baik perusahaan jasa, perusahaan dagang maupun perusahaan manufaktur. Struktur laporan laba rugi berbeda-beda sesuai dengan bentuk perusahaan.

Struktur laporan laba rugi pada perusahaan jasa secara garis besar terdiri dari pendapatan jasa dan beban-beban yang terjadi dalam suatu periode.

Struktur laporan laba rugi perusahaan dagang secara garis besar terdiri dari penjualan, Harga pokok penjualan (yang didalamnya terdapat perhitungan pembelian bersih dalam penentuan HPP) dan biaya-biaya dan beban-beban yang terjadi dalam periode tersebut.

Struktur Laporan laba rugi perusahaan manufaktur secara garis besar terdiri dari penjualan, harga pokok penjualan (yang didalamnya terdapat perhitungan harga pokok produksi), dan biaya-biaya dan beban-beban selain biaya dan beban produksi.

Untuk mengetahui bentuk laporan laba rugi perusahaan manufaktur dapat dipahami dalam artikel bentuk laporan perusahaan manufaktur.

Cara Membuat Laporan Laba rugi dengan Bantuan Neraca Lajur

Laporan laba-rugi dapat disusun dengan mudah dengan bantuan neraca lajur atau kertas kerja. Cara Membuat Laporan Laba rugi dilakukan dengan mengutip saldo-saldo akun nominal seperti pendapatan dan biaya-biaya yang berada pada kolom laba-rugi dalam neraca lajur.

Agar lebih jelas berikut ini akan dibahas Proses Cara Menyusun Laporan Laba-rugi berdasarkan Neraca Lajur yang telah disusun PD Zafira.

Neraca Lajur Perusahaan Dagang

Saldo Debit Harga pokok penjualan (HPP) sebesar Rp 202.575.000 dalam kolom penyesuaian berasal dari penjumlahan pembelian barang dagang awal Rp 16.175.000 dan pembelian 186.400.000.

Sedangkan saldo HPP pada posisi kredit sebesar Rp 31.041.000 berasal dari seluruh rekening HPP yang dikredit dalam penyesuaian persediaan barang dagang ahir Rp 28.125.000, retur pembelian Rp Rp 1.550.000 dan potongan pembelian Rp 1.366.000.

Contoh Bentuk Laporan Laba-rugi Perusahaan Dagang

Berdasarkan Neraca Lajur yang telah disusun PD Zafira maka dapat disusun laporan laba rugi berikut ini:

Contoh Laporan Laba-rugi perusahaan dagang

Keterangan :

Laporan laba rugi diatas merupakan laporan laba-rugi bentuk single step yang disusun berdasarkan data pada kolom laba-rugi dalam neraca lajur.

Dengan bantuan neraca lajur maka laporan laba rugi dapat disusun dengan sangat mudah karena hanya mengutip saldo akun-akun nominal yang berada pada neraca lajur.

Demikianlah pembahasan cara membuat laporan laba rugi perusahaan dagang dalam situs akuntansi pendidik, semoga berguna untuk anda.

Gravatar Image
Seorang Pendidik dibidang Ilmu Akuntansi. Lewat website ini saya publikasikan berbagai materi akuntansi untuk anda yang sedang belajar akuntansi. Lihat Profile Penulis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *