Solusi Praktis Pembuatan Laporan Keuangan dengan Jurnal

Laporan Keuangan adalah hal yang sangat penting dalam bisnis atau dunia usaha, namun banyak pelaku bisnis yang masih belum membuat laporan keuangan dengan benar dan tepat. Keterbatasan kemampuan dari pelaku bisnis seringkali menganggap bahwa tidak ada gunanya membuat laporan keuangan, padahal dengan adanya laporan yang baik dan benar akan menjadikan usahanya berkembang dengan baik.

Bagaimana dengan Pendapat anda?

Apakah anda golongan orang yang memandang remeh pentingnya laporan keuangan dalam bisnis?
Atau ….
Apakah anda golongan orang yang setuju bahwa dengan dibuatnya laporan keuangan yang baik dan benar akan menjadikan usaha atau bisnis semakin berkembang pesat?

Bagi anda yang masih bingung, saya jabarkan dulu beberapa manfaat laporan keuangan dalam bisnis berikut ini :

4 Arti Penting Laporan Keuangan Bagi Pelaku Bisnis

software akuntansi online jurnal

1. Laporan Keuangan bermanfaat sebagai Evaluasi Bisnis

Berdasarkan Laporan Keuangan, maka pelaku usaha dalam hal ini pemilik usaha dapat melakukan evaluasi terhadap operasional bisnisnya yang telah berjalan dalam periode tertentu, bahkan tidak hanya sebagai evaluasi saja, berdasarkan informasi keuangan yang tersaji dalam laporan keuangan pemilik usaha juga dapat mempertimbangkan untuk melakukan sejumlah inovasi guna pengembangan bisnisnya.

2. Laporan keuangan sebagai dasar Pengambil Keputusan

Berdasarkan informasi yang tersaji dalam laporan keuangan, maka akan dapat ditafsirkan bagaimanakah kondisi keuangan perusahaan, apakah kondisi keuangan perusahaan terjadi perkembangan yang positif ataukah sebaliknya. Kalau terjadi perkembangan yang positif bagaimana langkah perusahaan? Ataupun jika terjadi kondisi yang defisit bagaimana cara mengatasinya?
Dengan adanya laporan keuangan maka pemilik usaha akan dapat melakukan pengambilan keputusan yang sangat tepat, perusahaan dapat melakukan strategi yang jitu dengan adanya informasi yang bersumber dari laporan keuangan. Lalu bagaimana jika perusahaan tidak punya laporan keuangan? Atau perusahaan tidak membuat laporan keuangan?


Tentu, perusahaan tidak dapat mengambil keputusan bisnis yang tepat, perusahaan hanya menebak - nebak saja dalam pengambilan keputusannya, jika tebakannya benar maka beruntung tapi jika tebakannya meleset, kondisi perusahaan akan semakin terpuruk, pertanyaannya, apakah anda mau mempertaruhkan bisnis anda dengan tebak - tebakan yang tidak pasti?

3. Syarat Mendapatkan Pinjaman Modal

Perusahaan kadangkala membutuhkan dana segar dari pihak ekstern, sebut saja bank. Nah, Bank atau kreditur lainnya tentu tidak sembarangan dalam memberikan dana pinjaman. Bank biasanya akan memberikan dana pinjaman kepada perusahaan dengan reputasi yang baik, nah reputasi ini bisa dilihat dari Laporan Keuangan, Jika perusahaan memiliki laporan keuangan yang baik maka bank akan dengan senang hati memberikan pinjaman dana, Lalu bagaimanakah jika perusahaan tidak punya laporan keuangan? Tentu bank tidak bisa menilai perusahaan tersebut.

4. Mempermudah dalam penentuan Pajak

Manfaat utama laporan keuangan bagi pemilik usaha yaitu untuk mempermudah dalam penentuan besarnya pajak yang harus dibayar perusahaan pada pemerintah. Dengan informasi yang tersaji dalam laporan keuangan terutama laporan laba - rugi maka perusahaan akan dengan mudah menghitung berapakah pajak yang ditanggungnya.

Dari 4 manfaat Utama Laporan Keuangan bagi pemilik usaha diatas, maka dapat di ambil kesimpulan bahwa sangat disarankan bagi perusahaan Mulai dari UKM, Koperasi hingga perusahaan besar harus melakukan pembuatan laporan keuangan dalam bisnisnya.

Apabila anda merasa kesulitan karena keterbatasan kemampuan anda dalam akuntansi maka anda dapat menggunakan software akuntansi yang akan membantu anda dalam pembukuan dan proses akuntansi hingga pembuatan laporan keuangan yang akurat.

Salah satu software akuntansi terbaik yang mudah dalam penggunaannya dan memiliki keakuratan yang baik yaitu software akuntansi online dengan nama Jurnal. Dengan Software Jurnal anda dapat membuat laporan keuangan dengan lebih mudah meskipun anda tidak memiliki keterampilan akuntansi. Tidak Hanya melakukan proses pembukuan dan pembuatan laporan keuangan dengan software akuntansi yang satu ini anda juga dapat memonitor keuangan perusahaan anda. Beberapa Keunggulan software akuntansi jurnal ini adalah sebagai berikut:

6 Keunggulan Software Akuntansi Online Jurnal

1. Dapat Membuat Laporan Keuangan Dengan Praktis

Software akuntansi Jurnal Memberikan solusi bagi para pemilik perusahaan agar dapat membuat laporan keuangan yang akurat dengan cara yang sangat praktis, bagaimana caranya? Hanya 1 x Klik saja maka, laporan keuangan perusahaan dapat dilihat dan real-time. Komponen laporan keuangan yang dapat dibuat antara laporan neraca, laporan arus kas, laporan laba-rugi, laporan piutang maupun utang, laporan penjualan maupun pembelian, dan laporan biaya maupun pengeluaran.

2. Terintegrasi Fitur Cashlink

Dengan software akuntansi jurnal anda dapat melakukan monitoring arus kas yang masuk maupun arus kas yang keluar secara lebih praktis, dengan cara memanfaatkan fitur cashlink. Dengan fitus cashlink ini pemilik perusahaan juga dapat merekap rekening dengan sangat mudah untuk proses rekonsiliasi saldo dibank dengan saldo perusahaan (saldo yang tercatat dalam pembukuan software akuntansi jurnal )

3. Monitor Stok Barang

Dengan adanya fitur Stok Barang pada software akuntansi Jurnal, maka pemilik perusahaan akan dimudahkan untuk mendapat informasi terkat jumlah stok barang yang tersedia secara real -time, harga jual maupun harga beli. Tidak hanya itu, dengan fitur stok barang ini, pemilik perusahaan juga dapat dengan mudah mengetahui barang mana yang paling laris sehingga pemilik dapat mengambil keputusan untuk melakukan pemesanan barang dengan lebih cepat dan tepat.

4. Monitor Biaya Pengeluaran

Biaya pengeluaran harus dimonitor dan dikontrol dengan ketat untuk memastikan tidak terjadi pemborosan dalam operasional bisnis. Nah, kabar baiknya dengan software akuntansi jurnal ini, pemilik perusahaan dapat memonitor dan mengontrol biaya pengeluaran bisnis dengan sangat mudah. Software akuntansi ini melakukan pelacakan biaya pengeluran dengan akurat dan melakukan penyimpanan bukti pembayaran dengan fitur ‘attachment’.

5. Catatan Penjualan dan Pembelian

Dengan Software akuntansi Jurnal, pemilik perusahaan dapat melakukan monitor terhadap setiap transaksi penjualan dan transaksi pembelian dalam operasional usahanya, sekaligus dilengkapi dengan fitur invoice (ada 11 desain invoice yang dapat dipilih sesuai bisnis yang dijalankan).

6. Keamanan dan Bantuan Terjamin

Kemanan merupakan hal utama, oleh karena itu dalam software jurnal ini telah memiliki sistem keamanan informasi yang telah mendapat akreditasi dan tersertifikasi ISO/IEC 27001. Selain itu, Pengembang software jurnal ini juga siap memberikan bantuan 24 jam apabila terdapat kendala.

Silahka Baca Juga Artikel Tentang Belajar Myob untuk Pemula

Berdasarkan pemaparan diatas, maka dapat diambil poin penting dalam artikel ini, yaitu Laporan keuangan sangatlah penting bagi perusahaan, dengan laporan keuangan yang tepat dan akurat akan mempermudah pemilik bisnis dan manajemen untuk mengambil keputusan yang tepat sasaran. Jadi pembuatan laporan keuangan wajib bagi setiap perusahaan mula dari perusahaan berskala kecil, menengah hingga perusahaan besar. Nah, bagi UKM atau usaha berskala kecil dan menengah yang memiliki kendala dalam pembuatan laporan keuangan dapat menggunakan software akuntansi online jurnal, untuk lebih lanjut silahkan hubungi support@jurnal.id atau hubungi via telepon di (021) 2902 5471, Semoga Artikel dan informasi ini memberikan manfaat untuk anda, Salam sukses by Akuntansi Pendidik.

Solusi Praktis Pembuatan Laporan Keuangan dengan Jurnal Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Andi Pujianto

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan saudara memberi respon untuk peningkatan mutu artikel blog akuntansi pendidik, peraturan dalam memberi komentar antara lain sebagai berikut:

1. Isi Komentar sesuai topik artikel yang dibahas
2. Tidak meninggalkan link aktif dalam kotak komentar
3. Tidak menerima komentar spam
4. Gunakanlah bahasa yang sopan dan jelas agar penulis dapat mengerti pesan yang saudara berikan

Terimakasih atas perhatian dan kerjasamanya.