Materi Terbaru

MENGENAL SIKLUS AKUNTANSI BIAYA PADA PERUSAHAAN

Siklus Akuntansi Biaya – Dalam suatu perusahaan baik itu perusahaan jasa, perusahaan dagang maupun perusahaan manufaktur, Akuntansi Biaya Memiliki Peranan yang Penting. Apa itu akuntansi biaya?

Jika saat ini anda masih belum mengetahui pemahaman secara umum tentang akuntansi biaya maka sebelum membaca artikel ini anda disarankan untuk membaca terlebih dahulu tentang Mengenal akuntansi biaya secara tepat.

Jika anda telah mengetahui tentang deskripsi akuntansi biaya dengan baik, maka anda sekarang dapat memahami artikel tentang siklus akuntansi biaya ini dengan baik dan benar. Selengkapnya tentang siklus akuntansi biaya, silahkan anda baca dengan baik pembahasan berikut ini.

Siklus Akuntansi Biaya dalam perusahaan Dagang

Siklus akuntansi biaya dalam suatu perusahaan sangat dipengaruhi oleh siklus kegiatan usaha suatu perusahaan. Jadi siklus akuntansi biaya pada perusahaan dagang akan berbeda dengan siklus akuntansi biaya pada perusahaan manufaktur, begitu juga dengan siklus akuntansi biaya pada perusahaan jasa.

Siklus kegiatan perusahaan dagang dimulai dengan pembelian barang dagang tanpa dilakukan pengolahan lebih lanjut, kemudian diakhiri dengan penjualan barang dagang tersebut kepada pelanggan. Dalam perusahaan Dagang yang kegiatannya membeli dan menjual barang dagang tanpa pengolahan lebih lanjut terhadap barang dagang, maka siklus akuntansi biaya dimulai dengan pencatatan harga pokok barang dagangan yang dibeli dan berakhir dengan penyajian harga pokok barang dagangan yang dijual.

Tujuan utama akuntansi biaya dalam perusahaan dagang yaitu untuk menyajikan informasi tentang harga pokok barang dagangan yang dijual, biaya pemasaran, biaya administrasi dan umum.




Siklus Akuntansi Biaya dalam perusahaan Jasa

Pada Perusahaan jasa, siklus kegiatan usahanya dimulai dengan persiapan penyerahan jasa dan berakhir dengan penyerahan jasa kepada pemakainya.

Dalam perusahaan jasa, yang inti kegiatannya adalah menyediakan pelayanan jasa, siklus akuntansi biaya dimulai dengan pencatatan biaya persiapan penyerahan jasa dan berakhir dengan penyajian harga pokok jasa yang diserahkan kepada konsumen.

Akuntansi biaya pada perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa bertujuan untuk menyajikan informasi harga pokok per satuan jasa yang diserahkan kepada pemakai jasa.

Siklus Akuntansi Biaya dalam perusahaan Manufaktur

Pada perusahaan manufaktur, Siklus kegiatannya dimulai dengan pengolahan bahan baku dibagian produksi dan berakhir dengan penyerahan produk jadi kebagian gudang.

Dalam perusahaan manufaktur ini, siklus akuntansi biaya dimulai dari pencatatan harga pokok bahan baku yang dimasukan pada proses produksi, kemudian dilanjutkan dengan pencatatan biaya tenaga kerja langsung (BTKL), biaya overhead pabrik (BOP) yang dikonsumsi untuk produksi, serta diakhiri dengan penyajian harga pokok produk jadi yang diserahkan ke bagian gudang oleh bagian produksi.

Akuntansi biaya pada perusahaan manufaktur memiliki tujuan untuk menyajikan informasi harga pokok produksi per unit produk jadi yang diserahkan kepada bagian gudang.

Siklus akuntansi biaya pada sebuah perusahaan manufaktur dipakai untuk mengikuti proses pengolahan sebuah produk, sejak dari dimasukannya sebuah bahan baku ke dalam proses produksi hingga dihasilkan sebuah produk jadi dari proses pembuatan produk tersebut.  Untuk memperjelas siklus akuntansi biaya pada perusahaan manufaktur silahkan amati gambar berikut ini.

Siklus Akuntansi Biaya pada perusahaan manufaktur

Dari Gambar Di atas maka dapat terlihat bahwa Akuntansi Biaya dalam perusahaan manufaktur memiliki tujuan untuk menentukan harga pokok produksi per satuan produk yang dihasilkan.

Siklus akuntansi biaya pada perusahaan manufaktur tersebut harus mengikuti proses pengolahan produk yang dilakukan, mulai pemasukan bahan baku ke dalam proses produksi sampai menjadi sebuah produk jadi, sebagaimana ditunjukan dalam gambar siklus akuntansi biaya di atas.

Demikianlah pembahasan tentang siklus akuntansi biaya dalam perusahaan jasa, dagang dan perusahaan manufaktur. Semoga setelah membaca postingan ini anda semakin paham tentang siklus akuntansi biaya dalam perusahaan khususnya perusahaan manufaktur.

Advertisement

1 Response to "MENGENAL SIKLUS AKUNTANSI BIAYA PADA PERUSAHAAN"

Silahkan saudara memberi respon untuk peningkatan mutu artikel blog akuntansi pendidik, peraturan dalam memberi komentar antara lain sebagai berikut:

1. Isi Komentar sesuai topik artikel yang dibahas
2. Tidak meninggalkan link aktif dalam kotak komentar
3. Tidak menerima komentar spam
4. Gunakanlah bahasa yang sopan dan jelas agar penulis dapat mengerti pesan yang saudara berikan

Terimakasih atas perhatian dan kerjasamanya.