Materi Terbaru

CONTOH SOAL JURNAL PENYESUAIAN BEBAN YANG MASIH HARUS DIBAYAR

Beban yang masih harus dibayar (Accruals Payable) Dapat maknai sebagai sebuah beban atau suatu kewajiban yang telah menjadi beban jika dilihat dari segi waktunya, akan tetapi belum dibayarkan dan belum dicatat dalam periode akuntansi bersangkutan.



Beban yang masih harus dibayar wajib disesuaikan setiap akhir periode akuntansi, hasil dari penyesuaian beban tersebut adalah terjadinya penambahan beban dalam periode akuntansi yang bersangkutan.

Tujuan dilakukannya penyesuaian terhadap beban yang masih harus dibayar atau disebut juga utang beban adalah untuk mencatat besarnya beban yang harus diakui sebagai beban dan harus dicatat pada periode itu, tetapi pembayarannya dilakukan pada periode selanjutnya.

Jadi akun beban yang masih harus dibayar merupakan beban yang telah diambil manfaatnya secara ekonomis oleh perusahaan, tetapi perusahaan belum melakukan pembayaran beban tersebut.

Agar lebih jelas tentang proses penyesuaian untuk akun accruals payable atau utang beban, silahkan anda pahami artikel dalam web akuntansipendidik secara seksama pada ilustrasi berikut ini.

Ilustrasi Penyusunan Jurnal Penyesuaian Beban yang masih harus dibayar (accruals payable)

contoh jurnal penyesuaian akuntansi

1. Pada tanggal 31 Desember tahun 2013 Perusahaan Zhafira yang bergerak dalam bidang jasa khususnya jasa salon kecantikan memiliki tanggungan hutang gaji kepada para karyawannya senilai Rp 3.990.000.

Berdasarkan data penyesuaian ini maka perusahaan harus membuat jurnal penyesuaian untuk utang gaji pada akhir periode akuntansi. Jurnal penyesuaian yang disusun perusahaan zhafira adalah sebagai berikut:

(Db) Beban gaji................Rp 3.990.000
         (Kr) Utang gaji..........................Rp 3.990.000

2. Pada tahun 2013 tepatnya bulan desember, Perusahaan zhafira memiliki tagihan rekening listrik, tagihan telepon dan tagihan air sebesar  Rp. 511.000.

Tagihan-tagihan tersebut belum dibayar perusahaan. Maka perusahaan pada akhir periode yaitu 31 desember 2013 harus membuat jurnal penyesuaian untuk menyesuaiakan beban tagihan listrik, telpon dan air yang masih harus dibayar sebagai berikut:

(Db) Beban listrik, telepon dan air..........Rp 511.000
          (Kr) Utang listrik,telepon dan air...............Rp 511.000


3. Diketahui bahwa perusahaan” Efi Cake” memiliki 10 orang pegawai dengan besarnya upah tiap hari Rp 10.000. Pegawai dalam perusahaan itu bekerja dalam 5 hari kerja dalam satu minggu dari hari senin hingga hari jumat. Dalam perusahaan itu pembayaran upah dilakukan pada hari Jumat dalam tiap pekannya.

Nahh..Pada tahun 2013 ternyata hari Jumat jatuh pada tanggal 27 bulan Desember, dengan demikian hingga akhir periode yaitu tanggal 31 desember maka perusahaan mempunyai tanggungan upah kepada pegawainya selama 2 hari yaitu hari senin tanggal 30 dan hari selasa tanggal 31 desember.

Adapun perhitungan utang upah selama 2 hari untuk 10 pegawai adalah sebagai berikut:

Hari Senin, 30-12-2013 => 10 orang x Rp 10.000 = Rp 100.000, dan
Hari Selasa, 31-12-2013 => 10 orang x Rp 10.000 = Rp  100.000, sehingga total utang upah yang ditanggung selama 2 hari adalah Rp 200.000., jurnal penyesuaian yang disusun oleh perusahaan “efi cake” pada 31 des- 2013 adalah sebagai berikut:

(Db) Beban Upah........Rp 200.000
          (Kr) Utang Upah.........Rp 200.0000

Kesimpulan
Beban yang masih harus dibayar atau disebut juga dengan utang beban (accruals payable) merupakan sebuah beban yang belum dibayarkan sampai pada akhir periode akuntansi oleh perusahaan tetapi perusahaan telah merasakan manfaat ekonomi dari beban tersebut.

Utang beban harus disesuaikan dengan penyusunan jurnal penyesuaian dengan tujuan untuk mengakui adanya beban yang belum terbayar oleh perusahaan yang menjadi kewajiban perusahaan dalam periode itu.

Untuk memahami cara penyusunan jurnal penyesuaian secara lengkap dapat dipahami dalam post cara menyususn jurnal penyesuaian dengan penalaran. Demikianlah penjelasan tentang cara membuat jurnal penyesuaian untuk beban yang masih harus dibayar, semoga bermanfaat.

Advertisement

0 Response to "CONTOH SOAL JURNAL PENYESUAIAN BEBAN YANG MASIH HARUS DIBAYAR"

Silahkan saudara memberi respon untuk peningkatan mutu artikel blog akuntansi pendidik, peraturan dalam memberi komentar antara lain sebagai berikut:

1. Isi Komentar sesuai topik artikel yang dibahas
2. Tidak meninggalkan link aktif dalam kotak komentar
3. Tidak menerima komentar spam
4. Gunakanlah bahasa yang sopan dan jelas agar penulis dapat mengerti pesan yang saudara berikan

Terimakasih atas perhatian dan kerjasamanya.