Materi Terbaru

MEMAHAMI AKUNTANSI BIAYA DENGAN TEPAT SECARA SEDERHANA

Akuntansi biaya merupakan salah satu kajian dalam ilmu akutansi. Akuntansi biaya mulai dipelajari dalam sekolah menengah kejuruan atau SMK dan kemudian diperdalam di sekolah tinggi ataupun universitas dalam fakultas ekonomi oleh mahasiswa akuntansi.


Pada umumnya akuntansi biaya dipraktikan dalam perusahaan yang bergerak dalam pembuatan produk atau perusahaan manufaktur.

Untuk memahami akuntansi biaya dengan baik maka terlebih dahulu kita harus mengerti yang menjadi objek utama dalam akuntansi biaya yaitu “biaya”.

Pengertian Biaya

Biaya dapat diartikan sebagai suatu pengorbanan atau pengeluaran sumber daya ekonomi yang dapat diukur dengan satuan uang baik yang telah terjadi maupun yang belum terjadi yang digunakan untuk mencapai tujuan tertentu.

Dengan demikian terdapat empat unsur yang terkandung dalam pengertian biaya yaitu Pengorbanan atau pengeluaran sumber ekonomi, dapat diukur dengan satuan uang, pengorbanan yang dimaksud adalah pengorbanan yang telah terjadi maupun yang belum terjadi, dan unsur yang terahir pengorbanan yang dilakukan digunakan untuk mencapai tujuan tertentu.

akuntansi biaya
Setelah memahami pengertian biaya dengan benar maka berikutnya perlu dimengerti tentang penggolongan biaya. Secara umum biaya dalam akuntansi dapat digolongkan kedalam lima jenis golongan antara lain penggolongan berdasarkan fungsi pokok erusahaan, berdasarkan perilaku biaya, berdasarkan hubungannya dengan produk, berdasarkan pertanggungjawabanya dan berdasarkan hubungannya dengan masa manfaat. Secara lebih detai silahkan simak uraian berikut:

Jenis penggolongan Biaya

1.Penggolongan Berdasarkan Fungsi Pokok Perusahaan
Berdasarkan fungsi pokok perusahaan biaya dikelompokan menjadi dua yaitu biaya Biaya Produksi  dan biaya non-produksi,

Biaya produksi meliputi Biaya Bahan Baku (BBB), Biaya Tenaga Kerja Langsung (BTKL), Biaya Overhead Pabrik (BOP),

sedangkan Biaya Non-Produksi meliputi Biaya administrasi-umum dan biaya Pemasaran produk


2.Penggolongan Berdasarkan Perilaku Biaya
Berdasarkan perilakunya biaya dapat dikelompokan menjadi Biaya Variabel dan Biaya tetap.

Biaya variabel dan biaya tetap dibedakan masing-masing menjadi dua golongan yaitu biaya produksi dan biaya non produksi yang bersifat variabel dan biaya produksi yang bersifat tetap.

Biaya produksi yang bersifat variabel meliputi biaya Bahan Baku, BTKL dan BOP sedangkan biaya non produksi yang bersifat variabel meliputi biaya pemasaran, biaya Administrasi.

Biaya Produksi yang bersifat tetap meliputi biaya BOP sedangkan Biaya Non Produksi yang bersifat tetap yaitu biaya pemasaran, biaya Administrasi.

3.Penggolongan Berdasarkan Hubungannya dengan Produk
Berdasarkan hubungannya dengan produk biaya dikelompokan menjadi dua yaitu Biaya Produk Biaya Periode.

Biaya produk adalah biaya yang melekat dengan produk yang laku dijual dan tidak berhubungan dengan waktu pengeluaran biaya.

Sedangkan biaya periode adalah Akumulasi jumlah biaya tertentu pada periode tertentu pula.contohnya biaya adm dan umum

4.Penggolongan Berdasarkan Pertanggungjawaban
Berdasarkan pertanggungjawabanya biaya dibedakan menjadi dua yaitu Biaya Terkendali Biaya Tidak Terkendali.

Contoh biaya terkendali biaya iklan, promosi, sedangkan contoh biaya tak terkendali adalah biaya penyusutan.

5.Penggolongan Berdasarkan Hubungannya dengan Masa Manfaat
Berdasarkan hubungannya dengan masa manfaat biaya dikelompokan menjadi Biaya Pengeluaran Modal (Capital Expenditure) dan Biaya Pengeluaran Penghasilan (Revenue Expenditure).

Biaya PengeluaranModal Merupakan biaya yang masa manfaatnya dapat diirasakan lebih dari 1 tahun.

misalnya biaya perbaikan gedung, pembelian aktiva tetap, sedangkan biaya Pengeluaran Penghasilan Merupakan biaya yang dikeluarkan dan masa manfaatnya kurang dari 1 tahun atau berjangka pendek.

Misalnya biaya pembelian bahan baku, biaya upah, biaya promosi dan sebagaiya.

Pengertian akuntansi Biaya

Setelah memahami arti dari biaya dan tentunya kita sudah mengerti makna akuntansi maka sekarang kita dapat mendefinisikan pengertian akuntansi biaya.

Menurut anda apa itu akuntansi biaya? Akuntansi biaya dapat didefinisikan sebagai akuntansi yang membahas mengenai penentuan harga pokok  dari suatu barang yang diproduksi oleh perusahaan manufaktur dalam rangka memenuhi pesanan ataupun mengisi persediaan yang akan dijual.

Tujuan dari akuntansi biaya dapat dirinci menjadi dua yaitu tujuan yang pertama adalah penentuan biaya produksi yang tepat,

penentuan yang dimaksud disini adalah menentukan biaya produksi yang pada dasarnya tujuan ini diarahkan untuk menentukan seberapa besar harga pokok produk, harga jual barang jadi, dan laba-rugi yang dialami perusahaan,

tujan yang kedua adalah untuk kepentingan pengendalian, pengendalian yang dimaksud disini adalah pengendalian seluruh biaya yang terjadi dalam proses pembuatan produk agar sesuai dengan standar yang menjadi patokan perusahaan untuk mencapai efisiensi, baik pengendalian BBB, BTK dan BOP.

Demikianlah pembahasan tentang makna akuntansi biaya yang disajikan secara lugas dan benar.

Advertisement

0 Response to "MEMAHAMI AKUNTANSI BIAYA DENGAN TEPAT SECARA SEDERHANA"

Silahkan saudara memberi respon untuk peningkatan mutu artikel blog akuntansi pendidik, peraturan dalam memberi komentar antara lain sebagai berikut:

1. Isi Komentar sesuai topik artikel yang dibahas
2. Tidak meninggalkan link aktif dalam kotak komentar
3. Tidak menerima komentar spam
4. Gunakanlah bahasa yang sopan dan jelas agar penulis dapat mengerti pesan yang saudara berikan

Terimakasih atas perhatian dan kerjasamanya.