Materi Terbaru

DUA FAKTOR YANG BERPENGARUH DALAM MANAJEMEN BANK

Saat ini banyak bank yang tumbuh di Indonesia, baik itu bank yang sudah mempunyai nama yang besar maupun bank baru yang sedang merintis kegiatan usaha bank. Dalam mengembangkan kegiatan usaha dibidang perbank-an, terdapat faktor harus diperhatikan  dalam manajemen bank. Faktor-faktor ini dapat dibedakan menjadi dua jenis, yaitu berasal faktor internal dan faktor eksternal.

Pertama kita akan membahas tentang faktor yang berasal dari dalam bank atau  faktor internal bank. Faktor yang bersumber dari dalam bank ini biasanya berkaitan erat dengan segala kebijakan dalam mengambil keputusan dan juga strategi dalam operasional bank, diantaranya yang mempengaruhi dalam proses mengambil keputusan serta segala kebijakan maupun perencanaan yaitu struktur organisasi bank tersebut. Selain itu ada faktor internal lainnya yang mempengaruhi manajemen bank yaitu Corporate Culture atau budaya kerja perusahaan, strategi segmentasi pasar dan jaringan kantor, filosofi dan gaya menajemen baik itu konservatif atau agresif, ketersediaan sumber daya manusia serta penggunaan teknologi, dan komitmen dari pemilik terhadap pengembangan usaha bank ini sendiri.

Faktor yang kedua yaitu faktor dari luar bank ataupun faktor eksternal bank. Ada banyak hal yang dapat mempengaruhi manajemen bank dari faktor ini, dan faktor ini berada di luar kendali dari bank. Faktor-faktor ini diantaranya adalah fluktuasi nilai tukar dan tingkat intlasi, kebijakan moneter, sekuritisasi, volatilitas tingkat bunga, globalisasi, treasury manajemen, perkembangan teknologi, inovasi instrumen keuangan dan yang paling mencolok dari faktor-faktor yang lainnya adalah faktor dari persaingan antar pengembang bank maupun lembaga keuangan non bank.

Apabila anda akan bergerak di kegiatan usaha bank, sebaiknya anda siap terhadap faktor-faktor yang mungkin terjadi di usaha bank anda. Hal ini untuk menghindari anda dari rusaknya pola manajemen bank, sehingga kegiatan usaha bank anda akan berjalan dengan baik dan siap dalam segala resiko yang akan di terima. Siapkah anda untuk menghadapi segala faktor di atas?

Kesimpulan
Dalam kegiatan usaha bank ada dua faktor yang dapat mempengaruhi pola manajemen bank, yaitu faktor internal (dalam bank) dan faktor eksternal (luar bank).

Advertisement

0 Response to "DUA FAKTOR YANG BERPENGARUH DALAM MANAJEMEN BANK"

Silahkan saudara memberi respon untuk peningkatan mutu artikel blog akuntansi pendidik, peraturan dalam memberi komentar antara lain sebagai berikut:

1. Isi Komentar sesuai topik artikel yang dibahas
2. Tidak meninggalkan link aktif dalam kotak komentar
3. Tidak menerima komentar spam
4. Gunakanlah bahasa yang sopan dan jelas agar penulis dapat mengerti pesan yang saudara berikan

Terimakasih atas perhatian dan kerjasamanya.