Materi Terbaru

CARA CERDAS BELAJAR AKUNTANSI DASAR

Bagi sebagian siswa atau mahasiswa mungkin berpendapat bahwa akuntansi dasar atau pengantar akuntansi adalah pelajaran yang mudah, namun tidak sedikit juga yang mengalami kesulitan dalam mempelajari akuntansi dasar.


Berdasarkan fakta tersebut maka dalam postingan ini saya akan berbagi cara cerdas belajar akuntansi dasar sesuai dengan pengetahuan dan pengalaman saya pribadi.

Cara cerdas belajar akuntansi dasar yang akan saya sampaikan disini merupakan sebuah pemikiran saya secara pribadi, jadi apabila terdapat hal-hal yang kurang tepat dengan diri saudara maka saya mohon maaf dan apabila terdapat hal yang benar dan bermanfaat maka penulis bersyukur bisa membantu saudara.

Sebelum kita membahas lebih lanjut tentang cara belajar akuntansi secara  benar dan efektif, maka perlu disadari terlebih dahulu bahwa akuntansi merupakan ilmu yang membutuhkan pemahaman dan praktik jadi sebenarnya menurut saya untuk mencapai hasil belajar yang maksimal dalam pelajaran akuntansi kunci utamanya adalah dua kata tersebut yaitu harus sabar dan serius dalam "memahami konsep akuntansi" secara baik dan jangan malas untuk "mempraktikan konsep akuntansi" yang telah kita pahami.

Praktik disini dapat berupa latihan dalam membuat jurnal umum, latihan dalam posting ke buku besar, latihan membuat jurnal penyesuaian dan sebagainya. setelah kita sadari dua kunci dalam belajar akuntansi yaitu "pahami dan praktikan", selanjutnya akan saya bahas lebih detail tentang cara cerdas belajar akuntansi dasar yang terdiri dari beberapa hal sebagai berikut :


1. Saran saya yang pertama dalam belajar akuntansi dasar adalah kita harus tanamkan dalam pikiran kita bahwa akuntansi dasar yang akan dipelajari adalah "mudah",

dengan menanamkan kedalam pikiran kita bahwa akuntansi dasar adalah mudah untuk dipelajari maka secara otomatis pikiran kita akan menuntun kita untuk dapat menguasai akuntansi dasar dengan baik.

2. Saran saya yang kedua dalam belajar akuntansi dasar adalah kita harus memahami target atau tujuan yang akan dipelajari.

Dalam akuntansi dasar pada khakikatnya kita akan mempelajari proses akuntansi, yaitu suatu proses yang dimulai dari pencatatan bukti transaksi sampai pada penyusunan laporan keuangan dan diakhiri dengan tahap tutup buku.

Secara sederhana hubungan antara bukti transaksi, proses akuntansi dan informasi keuangan dapat dilihat dalam gambar berikut ini :

gambar Proses penyusunan laporan keuangan

Berdasarkan gambar di atas maka dapat terlihat jelas bahwa pada dasarnya dalam akuntansi dasar kita akan mempelajari suatu proses penyusunan informasi keuangan salah satunya adalah laporan keuangan, informasi keuangan disusun berdasarkan bukti transaksi keuangan yang muncul akibat adanya transaksi keuangan yang terjadi, dengan demikian tujuan atau target yang akan dipelajari dalam belajar akuntansi dasar adalah mempelajari "proses", yaitu proses penyusunan informasi keuangan berdasarkan bukti transaksi keuangan.

3. Setelah jelas tentang apa yang akan dipelajari atau yang menjadi target dalam belajar akuntansi dasar, maka langkah berikutnya adalah mengenal bagian-bagian proses akuntansi.

Proses akuntansi dasar terdiri dari beberapa bagian yaitu jurnal umum, buku besar, neraca saldo, jurnal penyesuaian, neraca lajur, laporan keuangan, serta dilanjutkan tahap tutup buku dengan adanya jurnal penutup, jurnal pembalik, neraca saldo setelah penutupan atau lebih lengkapnya silahkan pahami dalam artikel siklus akuntansi.

4. Setelah mengenal bagian-bagian dalam proses akuntansi maka selanjutnya memahami bagian-bagian tersebut dengan baik.

Memahami disini bermakna memahami tentang apa, bagaimana cara menyusunya, dan mengapa disusun, misalnya kita harus paham apa itu jurnal penyesuaian, bagaimana cara menyusun jurnal penyesuaian dan mengapa harus disusun jurnal penyesuaian.

Dengan menggunakan bantuan ketiga pertanyaan tersebut maka kita akan lebih mudah untuk memahami proses akuntansi baik secara parsial (terpisah atau sendiri-sendiri) maupun secara keseluruhan.

5. Sampai dengan cara yang keempat maka sebenarnya akuntansi dasar sudah dapat dikuasai namun menurut saya masih belum sempurna, untuk menyempurnakannya maka diperlukan langkah kelima yaitu dengan adanya praktik atau latihan-latihan dalam menerapkan proses akuntansi, mulai dari latihan membuat jurnal umum sampai pada latihan menyusun laporan keuangan dan menyelesaikan tahap tutup buku.

Demikianlah pembahasan cara cerdas belajar akuntansi dasar, semoga beberapa cara yang saya sarankan disini dapat bermanfaat bagi saudara. penulis berharap tulisan ini dapat menjadi bagian dari kesuksesan saudara dalam belajar akuntansi dasar. Apabila ada pertanyaan maupun saran untuk penulis silahkan tulis di kotak komentar.

Advertisement

0 Response to "CARA CERDAS BELAJAR AKUNTANSI DASAR"

Silahkan saudara memberi respon untuk peningkatan mutu artikel blog akuntansi pendidik, peraturan dalam memberi komentar antara lain sebagai berikut:

1. Isi Komentar sesuai topik artikel yang dibahas
2. Tidak meninggalkan link aktif dalam kotak komentar
3. Tidak menerima komentar spam
4. Gunakanlah bahasa yang sopan dan jelas agar penulis dapat mengerti pesan yang saudara berikan

Terimakasih atas perhatian dan kerjasamanya.