MATERI TERBARU

Penyusunan laporan keuangan melalui persamaan akuntansi

Apakah bisa laporan keuangan disusun hanya melalui daftar persamaan akuntansi? Jawabannya adalah Bisa. Setelah kita membahas konsep dasar persamaan akuntansi dan dilanjutkan dengan soal dan pembahasan tentang persamaan akuntansi, maka pada artikel ini akan dipaparkan cara menyusun laporan keuangan melalui daftar persamaan dasar akuntansi.

Laporan keuangan dapat disusun melalui beberapa cara yaitu melalui daftar persamaan akuntansi, melalui siklus akuntansi dan melalui bantuan teknologi. Dari ketiga cara penyusunan laporan keuangan baik melalui daftar persamaan akuntansi, melalui siklus akuntansi maupun melalui teknologi, semua memiliki kelebihan dan kekurangan. Penyusunan laporan keuangan melalui persamaan dasar akuntansi maksudnya adalah kita menyusun laporan laba-rugi, laporan perubahan modal dan laporan neraca berdasarkan data keuangan yang terdapat pada daftar persamaan akuntansi yang telah dibuat, apabila menyusun laporan keuangan melalui daftar persamaan akuntansi kelebihannya adalah lebih sederhana atau lebih mudah prosesnya, kekurangannya adalah membutuhkan media atau lembar kertas yang panjang apabila dalam perusahaan terdapat banyak transaksi sehingga penyusunan laporan keuangan dengan persamaan dasar akuntansi hanya cocok untuk perusahaan kecil yang masih sederhana jenis transaksinya dan frekuensinya masih relatif sedikit.
Penyusunan laporan keuangan melalui siklus akuntansi maksudnya adalah kita menyusun laporan keuangan melalui tahap-tahap yang terdapat dalam siklus akuntansi mulai dari tahap analisa bukti transaksi, pencatatan transaksi ke dalam jurnal, pempostingan ke buku besar sampai pada penyusunan neraca saldo setelah penutupan dan jurnal pembalik. Kelebihan menyusun laporan keuangan melalui siklus akuntansi adalah menghasilkan laporan keuangan yang lebih akurat dan dapat dan dapat terkontrol dengan baik trial and erornya sedangkan kekurangannya adalah prosesnya lebih rumit dibandingkan dengan menyusun laporan keuangan melalui persamaan dasar akuntansi. Penyusunan laporan keuangan dengan bantuan teknologi maksudnya adalah bahwa dalam penyusunan laporan keuangan kita mengandalkan komputer dan aplikasi atau software Akuntansi tertentu yang dirancang secara khusus untuk kepentingan pembuatan laporan keuangan, misalnya dengan bantuan aplikasi atau software myob atau aplikasi yang lainnya.  Penyusunan laporan keuangan dengan bantuan teknologi banyak sekali diterapkan dalam perusahaan-perusahaan menengah dan perusahaan besar. Kelebiahan penyusunan laporan keuangan dengan bantuan teknologi adalah dapat menghasilkan laporan keuangan yang akurat dalam waktu yang cepat sedangkan kekurangannya adalah membutuhkan keterampilan dalam menjalankan atau mengoperasikan aplikasi yang bersangkutan.

Seperti yang tertulis dalam judul artkel ini, maka dalam artikel ini akan dibahas tentang cara menyusun laporan keuangan melalui persamaan akuntansi, Agar dapat memahaminya dengan baik tentang teknik atau proses penyusunan laporan keuangan melalui persamaan akuntansi berikut ini diberikan ilustrasi sebagai berikut ini.

Pada Awal bulan April 2013 Pak Amat Ansor mendirikan sebuah perusahaan yang bergerak dibidang jasa pengiriman barang dengan nama "Jaya Expres" adapun transaksi selama bulan April adalah sebagai berikut:

Pada tanggal 1 April pak Amat sebagai pemilik perusahaan menyetorkan uang kas sebesar Rp 4.800.000 sebagai modal awal.

Pada tanggal 5 April Jaya expres membeli peralatan kantor seharga Rp 1.250.000 dibayar dengan kas sebesar Rp 750.000 dan sisanya dibayar bulan Mei 2013

Pada tanggal 8 April Pak Amat membeli perlengkapan kantor secara tunai dengan harga Rp 75.000

Pada tanggal 10 April Jaya Expres melunasi hutangnya pada kreditur dengan uang tunai sebesar Rp 250.000

Pada tanggal 15 April dibayar beban sewa kantor untuk bulan April sebesar Rp 400.000

Pada tanggal 17 April Jaya expres membayar beban sewa kendaraan Rp 300.000

Pada tanggal 20 April Jaya expres menerima pendapatan jasa angkut sebesar Rp 1000.000

Pada tanggal 22 April Pak amat mengambil sebagian modal untuk kepentingan pribadi senilai Rp 600.000

Pada tanggal 25 April Jaya expres menerima pendapatan jasa angkut sebesar 1.500.000

Pada tanggal 31 April diperkirakan beban penyusutan peralatan kantor sebesar Rp 30.000 dan perlengkapan kantor yang tersisa senilai Rp 15.000

Daftar persamaan dasar akuntansi perusahaan jasa

Berdasarkan transaksi di atas maka pak Amat menyusun sebuah daftar persamaan akuntansi sebagai berikut:

Tabel Persamaan akuntansi perusahaan jasa

Penyusunan laporan keuangan perusahaan jasa

Setelah disusun daftar persamaan akuntansi maka selanjutnya dapat dibuat laporan keuangan, yang meliputi laporan laba-rugi, laporan perubahan modal dan neraca sebagai berikut:

Penyusunan Laporan Laba-Rugi  melalui daftar persamaan dasar akuntansi

Laporan laba rugi disusun dengan mengutip Semua pendapatan dan beban yang ada dalam daftar persamaan dasar akuntansi

Laporan Laba rugi yang dibuat atas dasar tabel persamaan akuntansi

Laporan perubahan modal yang disusun melalui daftar persamaan dasar akuntansi

Laporan Perubahan modal dapat disusun dengan mengutip saldo yang mempengaruhi perubahan modal perusahaan seperti prive dan sebagainya, serta mengutip saldo laba atau rugi dalam laporan laba-rugi.

Laporan Perubahan Modal Perusahaan Jasa

Neraca yang disusun melalui daftar persamaan dasar akuntansi

Neraca disusun dengan mengutip saldo total dari masing-masing akun, letak saldo total ada pada baris terahir pada setiap akun.

Neraca perusahaan jasa yang dibuat dari daftar persamaan dasar akuntansi

Kesimpulan
Laporan keuangan dapat disusun dengan mudah melalui daftar persamaan dasar akuntansi. Pada umumnya cara penyusunan laporan keuangan melalui persamaan dasar akuntansi dipraktikan pada perusahaan yang jenis transaksinya masih sederhana dan frekuensi terjadinya transaksi masih sedikit. Cara menyusun laporan keuangan melalui daftar persamaan dasar akuntansi dilakukan dengan mengutip data keuangan yang berada pada daftra persamaan akuntansi, misalnya laporan laba rugi mengutip semua pendapatan dan beban yang ada dalam daftar persamaan akuntansi. Demikianlah pembahasan penyusunan laporan keuangan melalui persamaan akuntansi dalam web akuntansi pendidik, semoga bermanfaat.

Advertisement

2 Responses to "Penyusunan laporan keuangan melalui persamaan akuntansi"

  1. jumlah aktiva dlm "daftar persamaan dasar akuntansi" harusnya 6.160.000
    sepertinya anda salah pengetikan...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya anda benar ada kesalahan pengetikan angka,,, harusnya jumlah total aktiva dalam daftar persamaan akuntansi Rp 6.160.000 terimakasih atas koreksinya

      Delete

Silahkan saudara memberi respon untuk peningkatan mutu artikel blog akuntansi pendidik, peraturan dalam memberi komentar antara lain sebagai berikut:

1. Isi Komentar sesuai topik artikel yang dibahas
2. Tidak meninggalkan link aktif dalam kotak komentar
3. Tidak menerima komentar spam
4. Gunakanlah bahasa yang sopan dan jelas agar penulis dapat mengerti pesan yang saudara berikan

Terimakasih atas perhatian dan kerjasamanya.