Materi Terbaru

PERALATAN PENYUSUNAN LAPORAN KEUANGAN PERUSAHAAN MANUFAKTUR

Setelah dibahas tentang bentuk laporan keuangan perusahaan manufaktur maka dirasa perlu untuk membahas Peralatan penyusunan laporan keuangan perusahaan manufaktur. Pembahasan ini merupakan pembahasan awal dalam tahap penyusunan laporan keuangan perusahaan manufaktur, dengan kata lain pembahasan dalam artikel ini merupakan pengenalan sebelum masuk dalam proses penyusunan laporan keuangan perusahaan manufaktur. Pembahasan tentang peralatan penyusunan laporan keuangan perusahaan manufaktur ini penting untuk memberi pemahaman yang kuat tentang proses atau tahap penyusunan laporan keuangan khusunya dalam perusahaan manufaktur.

Peralatan yang dibutuhkan dalam menyusun laporan keuangan perusahaan manufaktur antara lain adalah neraca saldo, jurnal penyesuaian, neraca saldo setelah disesuaikan, kertas kerja. Untuk memudahkan pemahaman tentang peralatan dalam penyusunan laporan keuangan dalam perusahaan manufaktur, perhatikanlah bagan berikut ini: 

Peralatan penyusunan laporan keuangan perusahaan manufaktur

Penyusunan laporan keuangan perusahaan manufaktur




Berdasarkan bagan di atas maka dapat dipahami bahwa dalam penyusunan laporan keuangan pada perusahaan manufaktur membutuhkan beberapa peralatan antara lain neraca saldo yaitu daftar yang memuat akun-akun yang berasal dari buku besar dalam periode tersebut, penyesuaian yaitu peralatan yang berfungsi menyesuaikan saldo-saldo yang belum sesuai dengan keadaan yang sebenarnya pada periode tersebut penyesuaian ini berbentuk dokumen-dokumen penyesuaian yang kemudian dibuat jurnal penyesuaian yang relevan dengan dokumen penyesuaiannya, neraca saldo setelah disesuaikan yaitu daftar akun-akun buku besar yang telah disesuaikan melalui jurnal penyesuaian yang dibuat, setelah didapatkan neraca saldo disesuaikan maka selanjutnya dapat diketahui harga pokok produksi yaitu kumpulan dari biaya-biaya yang dikeluarkan untuk memperoleh dan mengolah bahan baku sampai menjadi barang jadi.

Alur penyusunan laporan perusahaan manufaktur

Berdasarkan peralatan-peralatan dalam penyusunan laporan keuangan selanjutnya untuk tujuan mempermudah dalam penyusunan laporan keuangan maka semua peralatan tersebut disatukan kedalam neraca lajur yaitu  kertas kerja yang terdiri dari banyak kolom yang digunakan untuk mengetahui saldo tiap akun, mencantumkan jurnal yang diperlukan, dan menyiapkan informasi yang diperlukan untuk pembuatan laporan keuangan. Berdasarkan neraca lajur maka penyusunan laporan keuangan akan dapat dilakukan dengan mudah. Setelah neraca lajur selesai dikerjakan, maka langkah berikutnya adalah menyusun laporan keuangan yang datanya telah tersedia dalam neraca lajur. Seperti telah diterangkan sebelumnya bahwa tujuan utama pembuatan neraca lajur adalah untuk mempermudah menyusun laporan keuangan. Dengan telah selesainya pembuatan neraca lajur maka laporan keuangan dapat disusun dengan lebih mudah. Laporan Harga Pokok Produksi disusun dengan memindahkan data yang tercantum dalam kolom Harga Pokok Produksi, demikian juga laporan laba-rugi dengan memindahkan data dalam kolom laba-rugi dan nerca disusun dengan memindahkan atau mengutip data dari kolom naraca dalam neraca lajur atau kertas kerja yang telah disusun. 

Demikianlah pembahasan peralatan penyusunan laporan keuangan perusahaan manufaktur, semoga artikel ini memberi pengetahuan yang benar untuk saudara. 

Advertisement

0 Response to "PERALATAN PENYUSUNAN LAPORAN KEUANGAN PERUSAHAAN MANUFAKTUR"

Silahkan saudara memberi respon untuk peningkatan mutu artikel blog akuntansi pendidik, peraturan dalam memberi komentar antara lain sebagai berikut:

1. Isi Komentar sesuai topik artikel yang dibahas
2. Tidak meninggalkan link aktif dalam kotak komentar
3. Tidak menerima komentar spam
4. Gunakanlah bahasa yang sopan dan jelas agar penulis dapat mengerti pesan yang saudara berikan

Terimakasih atas perhatian dan kerjasamanya.