MATERI TERBARU

Memahami karakteristik perusahaan manufaktur

Perusahaan manufaktur -Dalam pembahasan sebelumnya telah dibahas tentang akuntansi perusahaan jasa dan dagang, untuk menyempurnakan pemahaman tentang konsep akuntansi maka dirasa perlu memahami akuntansi untuk perusahaan manufaktur atau industri. Sebelum membahas tentang proses akuntansi dalam perusahaan manufaktur, maka terlebih dahulu harus memahami dengan baik tentang karakteristik perusahaan manufaktur.

Perusahaan manufaktur berbeda dengan perusahaan jasa maupun dagang. Salah satu perbedaan tersebut dapat dilihat dari produk yang dihasilkan dan bidang usaha yang dilakukan. Dalam perusahaan jasa menghasilkan produk berupa pelayanan jasa, dalam perusahaan dagang menghasilkan produk berupa barang dagangan tanpa mengalami pengolahan terlebih dahulu sedangkan dalam perusahaan manufaktur menghasilkan produk berupa barang jadi setelah melalui proses prduksi atau pengolahan. Adanya perbedaan tersebut maka bentuk laporan keuangan perusahaan manufaktur ini juga berbeda dengan laporan keuangan perusahaan jasa dan dagang. Secara lebih detail yang membedakan perusahaan manufaktur dengan perusahaan jasa maupun dagang antara lain:

Mengenal Perusahaan manufaktur

1. Perusahaan manufaktur bidang usahanya adalah mengolah bahan baku menjadi barang dalam proses hingga menjadi barang jadi yang siap diperdagangkan
2. Terdapat tiga jenis persediaan yaitu persediaan bahan baku, persediaan barang dalam proses dan persediaan barang jadi.
3. Terdapat dua pengelompokan biaya, yang pertama biaya produksi yang meliputi biaya bahan baku, biaya tenaga kerja langsung dan biaya overhead pabrik. Yang kedua biaya operasional yang meliputi biaya pemasaran dan biaya administrasi dan umum.

karakteristik perusahaan manufaktur seperti yang tertulis di atas merupakan hal yang pertama kali harus dipahami dalam mempelajari akuntansi perusahaan manufaktur atau akuntansi biaya. Untuk membantu sahabat dalam memahami karakteristik perusahaan manufaktur, berikut ini akan dipaparkan secara lebih komprehensif terkait karakteristik tersebut.

3 Karakteristik perusahaan manufaktur yang utama


Mengolah bahan baku menjadi barang jadi 

Perusahaan manufaktur beroperasi untuk menghasilkan produk yang siap dipasarkan kepada konsumennya, dengan kata lain dalam perusahaan manufaktur terdapat suatu aktivitas produksi barang. Dalam dunia usaha perusahaan manufaktur berfungsi sebagai jembatan antara perusahaan penghasil bahan mentah dengan konsumen yang membutuhkan barang yang memiliki nilai tambah lebih tinggi dari bahan mentah tersebut. Untuk memudahkan pemahaman fungsi dan kedudukan perusahaan manufaktur dapat digambarkan sebagai berikut: 

Membahas karakteristik perusahaan manufaktur secara lengkap

Perusahaan manufaktur memiliki tiga jenis persediaan

Dalam perusahaan manufaktur terdapat tiga jenis persediaan barang dagang, hal ini karena perusahaan kegiatanya mengolah bahan baku atau bahan mentah yang dibelinya dari pemasok, dan akan menjual barang jadi bukan bahan baku tersebut. Adanya kegiatan pengolahan atau proses produksi inilah yang membedakan perusahaan manufaktur dengan perusahaan dagang, apabila dalam perusahaan dagang hanya terdapat satu jenis persediaan hal ini karena perusahaan dagang kegiatannya hanya membeli barang dari pemasok dan menjual kembali barang tersebut kepada konsumen tanpa adanya proses pengolahan, sedangkan dalam perusahaan manufaktur terdapat proses pengolahan, sehingga dalam perusahaan manufaktur terdapat tiga jenis persediaan yaitu persediaan bahan baku, persediaan barang dalam proses dan persediaan barang jadi.

Persediaan bahan baku merupakan persediaan bahan dasar yang menjadi komponen utama dalam pembuatan produk, contoh bahan baku misalnya kayu adalah bahan baku untuk memproduksi meja. Persediaan bahan baku ini berasal dari pembelian bahan baku dari pemasok. jenis Persediaan yang kedua adalah persediaan barang dalam proses, persediaan barang dalam proses adalah bahan baku yang telah diproses untuk diubah menjadi barang jadi, namun sampai pada ahir periodenya belum sempurna proses pengolahannya. misalnya dalam pembuatan meja belum dihaluskan dan belum dicat. Jenis persediaan yang ketiga adalah persediaan barang jadi, persediaan barang jadi merupakan bahan baku yang telah diproses menjadi produk jadi yang siap pakai dan siap dipasarkan, misalnya meja yang diproduksi telah benar-benar selesai dan siap untuk dijual kepada konsumen.
 

Terdapat biaya produksi

Dalam perusahaan manufaktur terdapat kelompok biaya yang tidak ada dalam perusahaan jasa maupun dagang, kelompok biaya tersebut adalah kelompok biaya produksi. Biaya produksi atau harga pokok produksi adalah biaya-biaya yang dikenakan karena adanya proses produsi suatu produk. Biaya produksi muncul dalam perusahaan manufaktur hal ini terjadi karena Untuk memproduksi suatu produk perusahaan manufaktur membutuhkan bahan baku yang akan dipakai dalam pembuatan produk sehingga munculah biaya pembelian bahan baku, dalam proses produksi juga membutuhkan tenaga kerja yang akan memproduksi atau membuat produk sehingga munculah biaya tenaga kerja langsung dan dalam proses produksi juga membutuhkan alat bantu untuk memproduksi produk atau barang misalnya mesin produksi, adanya penggunaan mesin produksi maka munculah beban penyusutan mesin produksi dan sebagainya, sehingga dikenal adanya biaya overhead pabrik atau BOP. Arus Biaya produksi yang dikenakan dalam pembuatan produk dalam perusahaan manufaktur dapat digambarkan sebagai berikut:

Biaya-biaya produksi dalam perusahaan manufaktur
Kesimpulan
Perusahaan manufaktur merupakan perusahaan yang kegiatan utamanya membeli bahan mentah dan mengolahnya sampai menjadi produk jadi yang siap untuk dipasarkan kepada konsumen yang menjadi target pemasaran perusahaan. Karakteristik yang membedakan perusahaan manufaktur dengan perusahaan jasa dan dagang antara lain bahwa dalam perusahaan manufaktur terdapat proses produksi atau pengolahan bahan baku menjadi barang jadi, dalam perusahaan manufaktur terdapat tiga jenis persediaan dan dalam perusahaan manufaktur terdapat biaya produksi sehingga selanjutnya akan dikenal harga pokok produksi.

Advertisement

0 Response to "Memahami karakteristik perusahaan manufaktur"

Silahkan saudara memberi respon untuk peningkatan mutu artikel blog akuntansi pendidik, peraturan dalam memberi komentar antara lain sebagai berikut:

1. Isi Komentar sesuai topik artikel yang dibahas
2. Tidak meninggalkan link aktif dalam kotak komentar
3. Tidak menerima komentar spam
4. Gunakanlah bahasa yang sopan dan jelas agar penulis dapat mengerti pesan yang saudara berikan

Terimakasih atas perhatian dan kerjasamanya.