MATERI TERBARU

Cara menyusun laporan perubahan modal

Selamat datang sahabat, dalam artikel ini akan di bahas cara menyusun laporan perubahan modal. Sebelumnya saya sampaikan terimakasih kapada anda sebagai generasi tangguh yang selalu berupaya menambah ilmunya khususnya ilmu akuntansi. Laporan perubahan modal merupakan salah satu jenis laporan keuangan disamping laporan laba-rugi, laporan neraca dan laporan arus kas.

Pengertian Laporan Perubahan Modal

Laporan perubahan modal adalah jenis laporan keuangan yang menyajikan informasi terkait modal yang dimiliki suatu perusahaan serta menyajikan pula hal-hal yang menyebabkan modal tersebut bertambah atau berkurang sampai pada ahir periode akuntansi, sehingga dalam laporan perubahan modal ini akan diketahui modal ahir suatu perusahaan dalam periode tertentu. Secara lebih terperinci dalam laporan perubahan modal suatu perusahaan yang bentuk badan usahanya berbentuk Perseorangan, CV atau firma terdiri atas modal awal perusahaan, laba yang diraih atau rugi yang diderita dan prive serta di ahir laporan akan diketahui modal ahir perusahaan. Laba yang diraih perusahaan bersifat menambah modal awal sedangkan rugi yang diderita perusahaan bersifat mengurangi modal awal, prive bersifat mengurangi modal awal dari adanya penambahan atau pengurangan terhadap modal awal tersebut maka akan diperoleh modal ahir perusahaan.
Laporan perubahan modal dalam badan usaha yang berbetuk perseroan terbatas sedikit berbeda hal ini karena dalam perseroaan terbatas atau biasa disingkat PT modalnya berupa saham dan laporan perubahan modal dalam perseroan terbatas biasa disebut laporan laba ditahan. Secara lebih detail laporan perubahan modal atau laporan laba ditahan dalam badan usaha yang berbentuk perseroan terbatas terdiri dari laba ditahan awal, laba bersih, dividen yang diumumkan dan laba ditahan ahir. Laba bersih bersifat menambah laba ditahan awal sedangkan dividen yang diumumkan bersifat mengurangi dari penambahan atau pengurangan tersebut maka akan diperoleh laba ditahan ahir. Untuk lebih jelasnya tentang bentuk laporan perubahan modal atau laporan laba ditahan badan usaha yang berbentuk perseroan dapat dilihat formatnya dalam artikel bentuk laporan keuangan.

Cara Membuat laporan perubahan modal

Penyusunan laporan perubahan modal sangatlah mudah, Sama seperti halnya penyusunan laporan laba-rugi dan penyusunan neraca, laporan perubahan modal juga dapat disusun dengan mudah dari neraca lajur. Untuk lebih jelasnya perhatikanlah gambar neraca lajur PD Zafira berikut ini: 
PD Zafira
Neraca Lajur
Periode 31 Desember 2012
Fungsi Neraca Lajur dalam menyusun laporan perubahan modal


Berdasarkan neraca lajur PD Zafira diatas dapat diketahui saldo modal adalah Rp 75.000.000, Saldo Prive Rp 16.250.000 dan saldo laba Rp 109.824.000. Berdasarkan saldo-saldo tersebut maka dapat disusun laporan perubahan modal atau laporan perubahan ekuitas sebagai berikut: 
PD Zafira
Laporan Perubahan Modal
Per 31 Desember 2012

                                       Modal Awal                                        Rp 75.000.000
                                       Laba usaha            Rp 109.824.000
                                       Prive                      (Rp 16.250.000)
                                              jumlah                                          Rp 93. 574.000+
                                      Modal ahir                                           Rp 168.574.000

Dalam laporan perubahan modal PD Zafira di atas menggambarkan bahwa terjadi kenaikan modal dari Rp 75.000.000 menjadi Rp 168.000.000 kenaikan modal ini terjadi karena adanya penambahan laba usaha yang diraih PD Zafira yaitu sebesar Rp 109.824.000 serta dari adanya pengurangan karena adanya prive sebesar Rp 16.250.000


Kesimpulan
Laporan perubahan modal adalah jenis laporan keuangan yang menyajikan perubahan modal yang terjadi pada ahir periode akuntansi. Perubahan tersebut dapat terjadi karena adanya laba yang diraih perusahaan atau rugi yang diderita perusahaan, perubahan juga dapat terjadi karena adanya prive. Tujuan disusunya laporan perubahan modal adalah untuk memberikan informasi tentang saldo modal perusahaan secara akurat kepada pihak-pihak yang berkepentingan. Demikianlah pembahasan cara menyusun laporan perubahan modal secara lengkap dalam blog akuntansi pendidik, semoga bermanfaat

Advertisement

0 Response to "Cara menyusun laporan perubahan modal"

Silahkan saudara memberi respon untuk peningkatan mutu artikel blog akuntansi pendidik, peraturan dalam memberi komentar antara lain sebagai berikut:

1. Isi Komentar sesuai topik artikel yang dibahas
2. Tidak meninggalkan link aktif dalam kotak komentar
3. Tidak menerima komentar spam
4. Gunakanlah bahasa yang sopan dan jelas agar penulis dapat mengerti pesan yang saudara berikan

Terimakasih atas perhatian dan kerjasamanya.