MATERI TERBARU

Bentuk Laporan keuangan perusahaan manufaktur

Salam sukses sahabat, semoga anda termasuk orang yang senang dengan ilmu dan akan terangkat derajat anda dengan ilmu yang anda tekuni. Pada pembahasan akuntansi dalam artikel ini akan dijelaskan tentang Bentuk laporan keuangan dalam perusahaan manufaktur. Pembahasan laporan keuangan dalam perusahaan manufaktur pada artikel ini meliputi deskripsi laporan keuangan, macam-macam laporan keuangan dalam perusahaan manufaktur, dan bentuk-bentuk laporan keuangan dalam perusahaan manufaktur. Pembahasan selengkapnya tentang laporan keuangan dalam perusahaan manufaktur dapat dipahami dalam uraian berikut ini, silahkan dibaca dan dipahami dengan baik.

Deskripsi Laporan Keuangan

Secara umum laporan   keuangan  dapat didefinisikan sebagai suatu penyajian yang bersifat terstuktur dari posisi keuangan suatu perusahaan atau organisasi ekonomi yang menggambarkan kinerja suatu perusahaan dalam periode tertentu. Menurut Mamduh M. Hanafi dan Abdul Halim yang tertulis dalam buku Analisis Laporan Keuangan,  Laporan keuangan didefinisikan sebagai laporan yang diharapkan bisa memberi informasi mengenai perusahaan, dan digabungkan dengan informasi yang lain, seperti industri, kondisi ekonomi, bisa memberikan gambaran yang lebih baik mengenai prospek dan risiko perusahaan. Sedangkan dalam Standar Akuntansi Keuangan (PSAK) Laporan Keuangan didefinisikan sebagai “Laporan yang menggambarkan dampak keuangan dari transaksi dan peristiwa lain yang diklasifikasikan dalam beberapa kelompok besar menurut karakteristik ekonominya”. (IAI, 2002 : par 47)

Berdasarkan beberapa pengertian tentang laporan keuangan di atas dapat diambil beberapa poin-poin yang dapat dipahami diantaranya adalah sebagai berikut:
a) Laporan keuangan adalah produk akuntansi yang penting dan dapat digunakan untuk membuat keputusan-keputusan ekonomi bagi pihak internal misalnya manajer maupun pihak eksternal perusahaan misalnya para investor.
b)Laporan keuangan adalah gambaran atau lukisan perusahaan, yaitu dapat menggambarkan kinerja keuangan maupun kinerja manajemen perusahaan, apakah dalam kondisi yang baik atau tidak.
c) Laporan keuangan adalah rangkaian dari berbagai aktivitas ekonomi perusahaan yang diklasifikasikan, pada periode tertentu.d) Laporan keuangan adalah ringkasan dari suatu proses transaksi-transaksi keuangan yang terjadi selama periode yang bersangkutan.

Macam-macam laporan keuangan perusahaan manufaktur

Macam-macam laporan keuangan dalam perusahaan manufaktur secara umum meliputi, laproan harga pokok produksi merupakan laporan keuangan yang menginformasikan segala biaya produksi yang terkandung pada produk-produk yang terjual selama periode tertentu, laporan laporan laba-rugi merupakan laporan keuangan yang menggambarkan jumlah penghasilan, beban yang terjadi dan laba yang dicapai perusahaan dalam periode tertentu atau rugi yang diderita perusahaan dalam periode tertentu, laporan keuangan neraca merupakan laporan keuangan yang menggambarkan posisi keuangan perusahaan pada suatu tanggal tertentu, Laporan Perubahan modal merupakan laporan keuangan yang menjelaskan perubahan posisi modal suatu perusahaan dalam periode tertentu baik modal dalam bentuk modal saham apabila perusahaan berbentuk Perseroan Terbatas (PT) atau Modal pemilik apabila perusahaan berbentuk perusahaan perseorangan, firma dan CV.

Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa, didalam perusahaan manufaktur atau industri terdapat empat jenis laporan keuangan yang utama yaitu Laporan Harga Pokok Produksi (Cost of Goods Sold), laporan Laba/Rugi (Income Statement),laporan Perubahan Modal (Capital Statement) dan neraca (Balance Sheet).Secara lebih detail macam-macam laporan keuangan dalam perusahaan manufaktur dapat diuraikan berikut ini: 

Laporan Keuangan Harga Pokok Produksi

Laporan keuangan yang menggambarkan rekapitulasi biaya-biaya produksi yang terkandung pada produk-produk yang terjual selama periode tertentu (biasanya selama satu tahun anggaran atau satu periode akuntansi). Harga Pokok Produksi terdiri dari lima (5) bagian utama, yaitu :
a.Biaya bahan baku langsung.
b.Biaya tenaga kerja langsung.
c.Biaya over head pabrik (BOP).
d.Biaya produk setengan jadi/produk dalam proses. 
d.Biaya produk jadi 

Laporan Keuangan Laba-rugi Laba rugi 

Laporan laba rugi menggambarkan hasil yang diperoleh atau diterima oleh perusahan selama satu periode tertentu, serta biaya-biaya yang dikeluarkan untuk mendapatkan hasil tersebut. Hasil dikurangi biaya-biaya merupakan laba atau rugi. Kalau hasil lebih besar dari biaya berarti laba,sebaliknya, kalau hasil lebih kecil dari biaya-biaya, berarti rugi.

Laporan Keuangan NERACA

Neraca adalah laporan yang meringkas posisi keuangan suatu perusahaan pada periode tertentu tertentu. Dalam laporan keuangan neraca terdapat dua bagian penting yaitu bagian aktiva dan bagian pasiva, aktiva ini merupakan kekayaan yang dimiliki perusahaan atau organisasi ekonomi sedangkan pasiva merupakan sumber kekayaan perusahaan atau dengan kata lain aktiva berasal dari pasiva atau pasiva merupakan sumber aktiva. Bagian aktiva atau kekayaan yang dimiliki perusahaan dapat berbentuk aktiva lancar, aktiva tetap dan aktiva tidak berwujud. Aktiva lancar contohnya kas, piutang dan sebagainya,  aktiva tetap contohnya tanah, mesin, gedung dan sebagainya, serta aktiva tak berwujud contohnya hak paten, goodwill dan sebagainya. Sedangkan bagian pasiva terdiri dari kewajiban atau hutang perusahaan dan modal perusahaan. 

Laporan Keuangan Perubahan Ekuitas

Laporan perubahan modal atau laporan perubahan ekuitas merupakan suatu daftar yang dicatat secara sistematis, yang menjelaskan perubahan modal setelah perusahaan melakukan kegiatannya selama periode tertentu. Modal akan bertambah jika laba bersih lebih besar dari pada pengambilan prive dan modal akan berkurang jika laba bersih lebih kecil daripada pengambilan prive. Laporan perubahan modal dalam badan usaha yang berbentuk perseroan terbatas biasa disebut laporan laba ditahan hal ini. 

Bentuk Laporan keuangan Perusahaan manufaktur

Bentuk Laporan Harga Pokok Produksi Perusahaan manufaktur

Laporan Harga Pokok Produksi

Bentuk Laporan Laba-rugi Perusahaan manufaktur

Laporan laba-rugi dapat disusun dalam bentuk single step (langsung) dan multiple step (bertahap).  Bentuk multiple Step (bertahap) adalah bentuk laporan rugi-laba di mana dilakukan beberapa pengelompokan terhadap pendapatan-pendapatan dan biaya-biaya yang disusun dalam urut-urutan tertentu. 

Pada bentuk laporan laba-rugi Single Step, beban operasi dan non-operasi tidak dibedakan didalam laporan, melainkan disatukan dalam kategori beban didalam laporan laba rugi. Begitu juga dengan pendapatan tidak dibedakan melainkan disatukan didalam kategori pendapatan didalam laporan laba rugi. Hanya terdapat dua seksi didalam laporan yaitu seksi pendapatan dan seksi beban. Dalam bentuk single step semua jenis pendapatan (pendapatan usaha, dan pendapatan luar usaha dan pendapatan lain-lain) disusun dan dijumlahkan dalam satu kelompok. Kemudian disisihkan dengan jumlah semua jenis beban. Selisih jumlah pendapatan dengan jumlah beban merupakan saldo (sisa) laba atau saldo (sisa) rugi. Bentuk ini banyak digunakan dalam perusahaan jasa. Contoh Laporan laba-rugi perusahaan manufaktur yang berbentuk perseroan dalam format multiple step adalah sebagai berikut:

Contoh bentuk laporan laba-rugi perusahaan manufaktur

Bentuk Laporan Perubahan Modal  Perusahaan Manufaktur

Laporan perubahan modal perseroan terbatas

Bentuk Laporan Neraca Perusahaan Manufaktur

Bentuk Penyajian neraca dapat dibagi dalam dua bentuk sebagai: 
a)Bentuk Neraca Skontro atau Account Form 
Pada neraca bentuk skontro aktiva disajikan di sebelah kiri ( di Inggris, di kanan) dan kewajiban serta modal ditempatkan disebelah kanan, sehingga penyajiannya sebelah menyebelah. Contoh bentuk Skontro dapat dilihat berikut ini: 

Neraca perusahaan manufaktur

b)Bentuk Neraca Staffel atau Report Form 
Neraca ini dilaporkan satu halaman vertical. Disebelah atas dicantumkan total aktiva dan dibawahnya disajikan pos kewajiban dan pos modal.  


Demikianlah Pembahasan Bentuk Laporan keuangan perusahaan manufaktur, berdasarkan penjelasan yang sudah dipaparkan maka dapat diambil kesimpulan bahwa dalam perusahaan manufaktur atau industri terdapat empat jenis laporan keuangan yang utama yaitu laporan harga pokok produksi, laporan laba-rigi, laporan perubahan modal dan Neraca. 

Advertisement

4 Responses to "Bentuk Laporan keuangan perusahaan manufaktur"

  1. makasih. mudah dimengerti. ini sangat membantu buat aku utk interview,,buku akuntansi ku uda pada kujual tinggal yg penting2 ja mnurut aku si. ada tpi kurang lengkap. jdi thanks again.

    ReplyDelete
  2. sangat membantu makasih banyak mas :)

    ReplyDelete
  3. Terima Kasih buat Info'a
    heheehe membantu banget dlm menyelesaikan tugas

    ReplyDelete
  4. Saya senang jika artikel " bentuk laporan keuangan perusahaan manufaktur " dapat bermanfaat bagi kawan-kawan semua.

    ReplyDelete

Silahkan saudara memberi respon untuk peningkatan mutu artikel blog akuntansi pendidik, peraturan dalam memberi komentar antara lain sebagai berikut:

1. Isi Komentar sesuai topik artikel yang dibahas
2. Tidak meninggalkan link aktif dalam kotak komentar
3. Tidak menerima komentar spam
4. Gunakanlah bahasa yang sopan dan jelas agar penulis dapat mengerti pesan yang saudara berikan

Terimakasih atas perhatian dan kerjasamanya.