MATERI TERBARU

Proses Posting Buku Besar pada Perusahaan Dagang

Dalam Akuntansi terdapat dua jenis Buku besar, yaitu Buku besar utama atau general ledger dan buku besar pembantu.
Buku besar utama merupakan buku besar yang berisi tentang kumpulan dari beberapa akun yang saling berhubungan dan merupakan satu kesatuan tersendiri. Sedangkan buku besar pembantu adalah buku besar yang dibuat untuk mempermudah dalam merinci informasi yang terdapat dalam salah satu akun buku besar utama. Untuk lebih jelas tentang buku besar pembantu dapat anda baca dalam postingan Hakikat dan fungsi buku besar pembantu.

Dalam postingan ini akan dibahas tentang Buku besar utama lebih khususnya tentang Pempostingan jurnal khusus ke Buku Besar. Untuk dapat memindahkan atau pempostingan jurnal khusus ke dalam buku besar utama ada beberapa langkah mudah yang harus dilakukan, Langkah-langkah pempostingan jurnal khusus ke dalam buku besar antara lain sebagai berikut:
1. Menjumlahkan saldo-saldo setiap kolom yang terdapat pada jurnal khusus
2. Memindahkan saldo-saldo dalam jurnal khusus yang telah dijumlahkan tadi ke akun yang bersangkutan, dimana jika saldo dalam jurnal khusus berada diposisi debet maka dipindahkan ke dalam buku besar juga harus pada posisi debet, begitu juga sebaliknya jika saldo dalam jurnal khusus berada diposisi kredit maka dipindahkan ke dalam buku besar juga harus pada posisi kredit.
3. Menuliskan nomor kode akun yang bersangkutan dalam buku besar sebagai tanda pemindah bukuan.
4. Menuliskan Kode Halaman jurnal khusus ke dalam kolom Ref dalam buku besar.
5. Ketika melakukan pemindahbukuan akun-akun yang ada dalam kolom serba-serbi jurnal khusus, maka tulislah nomor kode akun pada kolom ref yang ada dikolom serba-serbi, sebagai tanda pemindah bukuan.

Agar lebih mudah dalam memahami penjelasan di atas silahkan anda lihat gambar Proses pemindahbukuan Jurnal khusus ke buku besar berikut ini:
cara posting jurnal khusus ke buku besar

Demikianlah pembahasan Proses Posting Buku Besar pada Perusahaan Dagang dalam blog akuntansi pendidik, Pembahasan yang telah dipaparkan merupakan pembahasan bagaimana proses pempostingan jurnal khusus ke dalam buku besar, proses pempostingan ini pada umumnya diterapkan pada perusahaan dagang, sedangkan pempostingan jurnal umum ke dalam buku besar secara umum diterapkan oleh perusahaan jasa. Baik pempostingan yang diterapkan oleh perusahaan dagang maupun perusahaan jasa pada prinsipnya adalah sama hanya berbeda sedikit saja, jika ingin mengetahui lebih jelas tentang pempostingan jurnal umum ke dalam buku besar silahkan baca "buku besar".

Kesimpulan
Setelah Melakukan pencatatan transaksi keuangan kedalam jurnal khusus maka dilanjutkan dengan rekapitulasi jurnal khusus untuk mengetahui apakah jurnal khusus yang disusun sudah tepat atau belum, atau tahap rekapitulasi dapat diabaikan dan langsung melakukan posting ke buku besar utama. Buku besar utama merupakan buku besar yang berisi tentang kumpulan dari beberapa akun yang saling berhubungan dan merupakan satu kesatuan tersendiri. Demikianlah pembahasan proses posting buku besar pada perusahaan dagang, semoga bermanfaat.

Advertisement

2 Responses to "Proses Posting Buku Besar pada Perusahaan Dagang"

  1. bagus nih psotingannya., makasih mas bro

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih sobat, semoga bermanfaat bagi anda

      Delete

Silahkan saudara memberi respon untuk peningkatan mutu artikel blog akuntansi pendidik, peraturan dalam memberi komentar antara lain sebagai berikut:

1. Isi Komentar sesuai topik artikel yang dibahas
2. Tidak meninggalkan link aktif dalam kotak komentar
3. Tidak menerima komentar spam
4. Gunakanlah bahasa yang sopan dan jelas agar penulis dapat mengerti pesan yang saudara berikan

Terimakasih atas perhatian dan kerjasamanya.