MATERI TERBARU

Pihak yang membutuhkan Informasi Keuangan

Akuntansi merupakan suatu proses pengolahan input (data transaksi keuangan suatu perusahaan) menjadi output, dalam hal ini out put akuntansi adalah Informasi keuangan yang terdiri dari dua pilar pokok yakni Laporan Keuangan dan informasi keuangan lainnya. Out put akuntansi ini sangat penting dan dibutuhkan oleh beberapa pihak yang berkepentingan, adapun pihak yang membutuhkan informasi Keuangan tersebut secara garis besar dapat bedakan menjadi dua yaitu pihak intern dan pihak ekstern, secara lebih detail berikut ini dibahas pihak-pihak tersebut.


Pihak Intern yang Membutuhkan Informasi Keuangan

Pihak-Pihak Pemakai Informasi Keuangan
1. Manajemen Perusahaan, memerlukan laporan keuangan untuk mengetahui kemajuan perusahaan yang dipimpinya, untuk dijadikan dasar perumusan kebijakan perusahaan dan untuk dijadikan dasar penyusunan anggaran.
2. Karyawan, untuk dijadikan dasar dalam menilai kemampuan perusahaan dalam hal usaha-usaha perbaikan gaji, bonus karyawan dan menilai prospek perusahaan dimasa depan sehingga dapat memutuskan apakah akan tetap bekerja di perusahaan itu atau bersiap-siap untuk cari tempat kerja lain.

Pihak Ekstern yang membutuhkan Informasi Keuangan

Pihak Pemilik perusahaan

Adalah orang atau lembaga yang telah menanamkan uangnya atau kekayaannya didalam perusahaan,sebagai pihak yang telah menanamkan uangnya di dalam perusahaan, pemilik perusahaan harus  mendapatkan imbalan atas kekayaan yang telah ditanamkannya, imbalan tersebut berupa pembagian atas sebagian atau seluruh laba usaha yang telah diperoleh perusahaan. Atau dengan kata lain tujuan pemilik atas laporan keuangan adalah untuk mengetahui keuangan perusahaanya, sebagai dasar penilaian prestasi kerja manajemen. Informasi yang diperlukan mencakup :Laba usaha yang diperoleh
dan Perubahan kekayaan perusahaan dalam beberapa tahun.


Pihak Kreditur / Bank 

Untuk mengetahui tingkat kesehatan perusahaan yang akan atau telah meminjam modal dan untuk mengetahui kemampuan debitur dalam mengembalikan modal yang dipinjamnya. Informasi yang diperlukan mencakup :
a. Besarnya kekayaan perusahaan
b. Kemampuan menghasilkan laba usaha
c. Perbandingan hutang dengan total kekayaan perusahaan.

Pihak Investor

Untuk memastikan bahwa modal yang ditanamkan akan memperoleh keuntungan atau tidak. Informasi yang diperlukan mencakup :
a. Laba usaha yang diperoleh dalam beberapa tahun terahir
b. Pertumbuhan Kekayaan Perusahaan

Pihak Pemerintah

Untuk dijadikan dasar penetapan besarnya pajak yang harus dibayar perusahaan dan untuk mengetahui apakah perusahaan telah benar-benar memenuhi ketentuan pemberian UMR bagi karyawan dan pemberian fasilitas-fasilitas yang menunjang kesejahteraan karyawan sesuai dengan peraturan yang berlaku. Informasi yang diprlukan meliputi:
a. Laba usaha yang diperoleh
b. Beban yang dikeluarkan untuk memperoleh pendapatan

Pihak-Pihak lain

Misalnya mahasiswa sebagai bahan penyusunan skripsi,  lembaga-lembaga social penghimpun dana masyarakat untuk menentukan perusahaan yang akan diminta menjadi donator, calon patner usaha untuk menentukan apakah akan bekerjasama atau tidak.
Demikianlah pembahasan terkait pihak yang membutuhkan informasi keuangan, semoga bermanfaat.

Advertisement

0 Response to "Pihak yang membutuhkan Informasi Keuangan"

Silahkan saudara memberi respon untuk peningkatan mutu artikel blog akuntansi pendidik, peraturan dalam memberi komentar antara lain sebagai berikut:

1. Isi Komentar sesuai topik artikel yang dibahas
2. Tidak meninggalkan link aktif dalam kotak komentar
3. Tidak menerima komentar spam
4. Gunakanlah bahasa yang sopan dan jelas agar penulis dapat mengerti pesan yang saudara berikan

Terimakasih atas perhatian dan kerjasamanya.