Materi Terbaru

PENGGOLONGAN PERUSAHAAN DALAM DUNIA USAHA

Jenis-jenis perusahaan
Penggolongan perusahaan dalam dunia usaha merupakan hal yang penting, hal ini karena dalam dunia bisnis terdapat berbagai jenis perusahaan sehingga untuk mempermudah dalam mengenal, memahami dan mempelajarinya dalam ilmu ekonomi dan akuntansi dikelompokan atau digolongkan kedalam beberapa golongan. Untuk lebih detainya tentang pembahasan penggolongan perusahaan silahkan simak uraian berikut. Perusahaan merupakan suatu kumpulan manusia atau organisasi yang jelas, baik sistem kerja perusahaan maupun struktur kepengurusannya yang didalamnya terkadung kegiatan ekonomi baik itu produksi, distribusi maupun konsumsi dimana kegiatan tersebut bertujuan untuk memperoleh keuntungan secara ekonomi bagi pelaku usaha dan memenuhi kebutuhan ekonomi manusia secara umum. Dalam dunia usaha terdapat beberapa jenis perusahaan yang beroperasi, secara detail penggolongan perusahaan dalam dunia usaha dapat dipahami dalam ulasan berikut ini:

Penggolongan Perusahaan menurut jenis Usahanya

Perusahaan Jasa 

Merupakan jenis perusahaan yang usahanya bergerak dalam bidang pemberian jasa kepada pihak lain.

Perusahaan Dagang

Merupakan jenis perusahaan yang dalam operasinya membeli barang-barang kemudian dijual kembali kepada pihak lain untuk mendapat laba  tanpa melalui proses pengolahan.

Perusahaan Industri / Manufaktur

Merupakan jenis perusahaan yang dalam kegiatanya berusaha mengolah bahan baku hingga menjadi barang jadi.

Penggolongan Perusahaan Menurut Badan usahanya



Perusahaan Perseorangan

Merupakan bentuk perusahaan yang dimiliki oleh orang perseorangan, dimana pemilik perusahaan sekaligus berperan sebagai manager perusahaan.

Perusahaan Firma (Fa)

Merupakan bentuk perusahaan yang dimiliki oleh dua orang atau lebih dan semuanya ikut bertanggung jawab terhadap perusahaan secara bersama-sama.

Perusahaan Komanditer (CV)

Perusahaan komanditer atau Comanditaire Vennootschap merupakan bentuk perusahaan yang dimliki oleh dua orang atau lebih, namun hanya satu atau beberapa orang saja yang bekerja aktif dalam perusahaan,sedang yang lainnya bersifat pasif.

Perusahaan Terbatas (PT)

Merupakan bentuk perusahaan yang bukti kepemilikanya berupa saham, atau bentuk perusahaan yang modalnya dijabarkan dengan mengeluarkan bukti-bukti kepemilikan yang dijual kepada umum.

Koperasi

Merupakan bentuk perusahaan yang didirikan sekelompok orang dengan maksud untuk meningkatkan kesejahteraan mereka bersama.

Demikianlah pembahasan penggolongan perusahaan dalam dunia usaha dalam blog akuntansi pendidik, semoga bermanfaat bagi anda.

Advertisement

0 Response to "PENGGOLONGAN PERUSAHAAN DALAM DUNIA USAHA"

Silahkan saudara memberi respon untuk peningkatan mutu artikel blog akuntansi pendidik, peraturan dalam memberi komentar antara lain sebagai berikut:

1. Isi Komentar sesuai topik artikel yang dibahas
2. Tidak meninggalkan link aktif dalam kotak komentar
3. Tidak menerima komentar spam
4. Gunakanlah bahasa yang sopan dan jelas agar penulis dapat mengerti pesan yang saudara berikan

Terimakasih atas perhatian dan kerjasamanya.