MATERI TERBARU

Memahami MYOB Versi 13 secara efektif

Myob atau singkatan dari Mind Your Own Business adalah software akuntansi yang berfungsi mempermudah proses penyusunan laporan keuangan lengkap dengan pengendalian inventory, penjualan, pembelian dan aset perusahaan. Sebagai salah satu software akuntansi, Myob dapat dikatakan sebagai software akuntansi yang handal, hal ini terbukti dengan digunakannya MYOB dalam praktik akuntansi baik dalam dunia bisnis perusahaan maupun untuk kepentingan pembelajaran dalam suatu satuan pendidikan.

Dengan menggunakan Myob proses penyusunan laporan keuangan akan terasa lebih praktis dan sederhana, karena kita tidak lagi melakukan tahap-tahapan atau siklus akuntansi secara manual. MYOB yang merupakan salah satu produk dari MYOB Limited Australia telah mengalami perkembangan, hingga saat ini MYOB memiliki beberapa versi diantaranya MYOB versi 13, versi 15, versi 16, maupun diatasnya. Dalam postingan ini akan dibahas salah satu dari versi Myob yaitu Myob versi 13. Fasilitas-fasilitas yang terdapat dalam Myob Versi 13 antara lain  modul Accounts, Modul Banking, Modul Sales, Modul Time Billing, Modul Purchase, Modul Payroll, Modul Inventory dan Modul Card File.
Myob Versi 13 memiliki beberapa keunggulan dan kelemahan, adapun Keunggulan Myob Accaounting antara lain:

Keunggulan MYOB Versi 13

Pengenalan MYOB
a. Mudah digunakan, mudah dimengerti oleh orang awam yang tidak mempunyai pengetahuan komputer dan akuntansi yang mendalam, selain itu myob juga dapat diterapkan pada berbagai jenis usaha.

b. Mampu menyajikan laporan keuangan secara otomatis, lengkap dan akurat kapanpun diperlukan, adapun jenis laporan yang dapat dibuat secara otomatis meliputi neraca, laporan laba rugi, laporan pembelian dan penjualan, daftar umur piutang, jurnal transaksi, persediaan barang dan sebagainya dimana laporan yang dihasilkan sesuai dengan standar akuntansi keuangan yang berlaku.

c. Mampu menampilkan data secara tepat dan mudah dilengkapi dengan fasilitas audit trail maupun transaksi trail untuk menampilkan data secara cepat dan mudah pada layar komputer atau dapat juga dicetak ke printer.

d. Tersedia sistem keamanan yang handal dilengkapi sistem akses memadai berupa password yang dapat ditentukan dalam beberapa level.

e. Laporan keuangan dapat dikaitkan dengan microsoft excel dan microsoft word bahkan disimpan dalam bentuk PDF maupun Text File.

f. Mampu menampilkan laporan keuangan komparasi yang menyajikan neraca, laporan laba rugi maupun penjualan dengan data historis bulan lalu atau tahun sebelumnya.

Selain mempunyai keunggulan seperti diatas MYOB Versi 13 mempunyai kelemahan yaitu:

Kelemahan MYOB Versi 13

a. kelemahan yang pertama terkait dengan pajak, karena pajak yang ada dalam sistem Myob versi 13 ini merupakan peraturan pajak yang ada pada negara yang membuat sistem tersebut yaitu Australia.

b. Kelemahan yang kedua terkait dengan transaksi-transaksi yang berkaitan langsung dengan barang dagangan bait itu penjualan tunai atau kredit maupun retur. Dalam transaksi tersebut hanya menggunakan satu macam bukti yaitu Invoice, sehingga pengendaliannya kurang.

Demikianlah pembahasan singkat tentang Memahami MYOB Versi 13 secara efektif dalam blog akuntansi pendidik, semoga bermanfaat. Postingan ini merupakan postingan pendahuluan dalam pengenalan Myob Versi 13,  Dalam postingan berikutnya akan dibahas Penyusunan Laporan Keuangan dengan Myob Versi 13.

Advertisement

2 Responses to "Memahami MYOB Versi 13 secara efektif"

  1. Saya mengenal MYOB ini baru saja, itupun Versi yang Premium 7.5, Apa perubahan/kelebihan yang signifikan dari versi yang lebih tinggi. terus cara menyiasati kelemahannya mudah2an bisa dijelaskan pada kupasan berikutnya. Saya kira MYOB ini bisa dipakai oleh kawan-kawan yang mempunyai bisnis kecil sampai menengah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Perubahan dari versi myob yang lebih tinggi diantaranya adalah penggoperasian yang lebih userfriendly, dan lebih Fleksibel, maksudnya kode akun dan nama akun dapat disesuaikan dengan kondisi perusahaan,Prinsip Akuntansi Indonesia, dan Standar Akuntansi Keuangan.

      Delete

Silahkan saudara memberi respon untuk peningkatan mutu artikel blog akuntansi pendidik, peraturan dalam memberi komentar antara lain sebagai berikut:

1. Isi Komentar sesuai topik artikel yang dibahas
2. Tidak meninggalkan link aktif dalam kotak komentar
3. Tidak menerima komentar spam
4. Gunakanlah bahasa yang sopan dan jelas agar penulis dapat mengerti pesan yang saudara berikan

Terimakasih atas perhatian dan kerjasamanya.