Materi Terbaru

MEMAHAMI MAKNA JURNAL PEMBALIK SECARA KOMPREHENSIF

Jurnal pembalik berfungsi untuk menyederhanakan pembuatan jurnal pada periode berikutnya, jurnal pembalik disusun karena dalam proses Akuntansi terdiri dari beberapa tahap yang bersifat berputar (siklus). Hal ini bermakna bahwa dalam akuntansi terdapat hubungan yang erat antara periode akuntansi sebelumnya dengan periode akuntansi berjalan dan periode akuntansi yang akan dijalankan.

Pembuatan  jurnal pembalik akan bermanfat jika perusahan  membuat jurnal yang banyak jumlahnya. Jurnal pembalik juga berfungsi meminimalkan kekeliruan yang mungkin terjadi (untuk menghindari pengakuan pendapatan dan beban berganda karena penyusunan jurnal penyesuaian)


Perlu di ingat bahwa yang menjadi dasar penyusunan jurnal pembalik adalah jurnal penyesuaian yang memunculkan akun riil yang baru (belum muncul di neraca saldonya).

Untuk lebih memahami jurnal penyesuaian yang perlu dibuatkan jurnal pembalik (Jurnal Penyesuaian yang memunculkan akun rill yang baru) , maka dalam pembahasan ini diberikan ilustrasi sebagai berikut:

Diketahui salon efi telah menyusun jurnal penyesuaian untuk periode Mei 2012, yang dapat anda lihat dibawah ini (Klik Gambar untuk Memperjelas tampilan)

Soal Jurnal Penyesuaian

Bagi anda yang ingin mengetahui cara menyusun jurnal penyesuaian silahkan baca postingan tentang cara praktis menyusun jurnal penyesuaian dengan benar  dan hakikat penyusunan jurnal penyesuaian.

Dari Jurnal Penyesuaian pada salon efi maka jurnal penyesuaian yang perlu dibuatkan jurnal pembalik adalah:

1.Jurnal Penyesuaian Beban yang masih harus dibayar dalam hal ini " beban Bunga"
Jurnal Penyesuaian Beban Bunga perlu dibuatkan jurnal pembalik karena jurnal penyesuaian ini memunculkan akun riil atau disebut juga akun neraca atau akun permanen yang baru yaitu beban yang masih harus dibayar (Utang Bunga), akun ini dikatakan baru karena dalam neraca saldo belum muncul atau belum pernah tercatat.


2. Jurnal Penyesuaian Beban dibayar dimuka dalam hal ini " Beban sewa"
Jurnal Penesuaian Beban sewa perlu dibuatkan jurnal pembalik karena jurnal penyesuaian ini memunculkan akun riil atau disebut juga akun neraca atau akun permanen yang baru yaitu Sewa dibayar dimuka (Piutang sewa), akun ini dikatakan baru karena dalam neraca saldo belum muncul atau belum pernah tercatat.

Jurnal Pembalik yang disusun berdasarkan jurnal penyesuaian diatas adalah sebagai berikut:
Dalam Penyusunan jurnal pembalik sangatlah mudah karena kita tinggal membalik posisi nama akun/rekening tersebut, jadi jika nama akun tersebut dalam jurnal penyesuaian posisinya berada diposisi Debet maka dalam jurnal Pembalik berubah posisi menjadi di posisi Kredit dan sebaliknya.

Jurnal Pembalik yang disusun salon efi pada periode selanjutnya yaitu 1 Juni 2012 adalah:

Pembahasan Jurnal Pembalik

Kesimpulan:
Jurnal Pembalik disusun untuk mempermudah pencatatan akuntansi pada periode selanjutnya, Jurnal pembalik disusun berdasarkan jurnal penyesuaian yang mengakibatkan munculnya akun riil atau akun neraca baru. Penyusunan Jurnal Pembalik adalah optional, artinya kita boleh menyusun jurnal pembalik namun juga boleh jika kita tidak menyusun jurnal pembalik. Untuk memperjelas pemahaman anda pahamilah pembahasan "Fungsi Jurnal Pembalik" dalam blog akuntansi Pendidik.

Terimakasih telah membaca hasil pemikiran saya tentang "Memahami makna jurnal pembalik secara komprehensif" dalam blog ini,semoga tulisan ini membawa manfaat bagi saudara.

Advertisement

0 Response to "MEMAHAMI MAKNA JURNAL PEMBALIK SECARA KOMPREHENSIF"

Silahkan saudara memberi respon untuk peningkatan mutu artikel blog akuntansi pendidik, peraturan dalam memberi komentar antara lain sebagai berikut:

1. Isi Komentar sesuai topik artikel yang dibahas
2. Tidak meninggalkan link aktif dalam kotak komentar
3. Tidak menerima komentar spam
4. Gunakanlah bahasa yang sopan dan jelas agar penulis dapat mengerti pesan yang saudara berikan

Terimakasih atas perhatian dan kerjasamanya.