MATERI TERBARU

Download Standar Akuntansi Keuangan Terbaru

Bagi pihak yang terkait dengan akuntansi mulai dari Mahasiswa Akuntansi sampai Konsultan Akuntansi pasti tidak aneh dengan istilah "SAK" atau standar akuntansi keuangan. Standar akuntansi keuangan terus menerus diperbaharui, hal ini bertujuan untuk menuju praktik akuntansi yang baik, maju dan benar.
Standar akuntansi keuangan yang berkualitas merupakan salah satu prasarana penting untuk mewujudkan transparansi tersebut. Sebab, standar akuntansi keuangan dapat diibaratkan sebagai sebuah cermin. Cermin yang baik akan mampu menggambarkan kondisi praktik bisnis yang sebenarnya dari suatu entitas. Selain itu, dengan standar akuntansi yang baik, laporan keuangan dapat menjadi lebih berguna, dapat diperbandingkan, dan tidak menyesatkan bagi penggunanya. Oleh karena itu, pengembangan standar akuntansi keuangan yang baik, sangat relevan dan mutlak diperlukan pada masa sekarang ini.
PSAK Terbaru di Indonesia
Pengembangan standar akuntansi keuangan di Indonesia telah dimulai sejak tahun 1973 dengan dibentuknya Panitia Penghimpun Bahan-Bahan dan Struktur daripada GAAP & GAAS. Selanjutnya pada tahun 1974 dibentuk Komite Prinsip Akuntansi Indonesia yang bertugas menyusun dan mengembangkan standar akuntansi keuangan. Kemudian Komite PAI tersebut pada tahun 1994 diubah namanya menjadi Komite Standar Akuntansi Keuangan (KSAK). Pada Kongres VIII 23-24 September 1998 diubah kembali namanya menjadi Dewan Standar Akuntansi Keuangan.

Tonggak sejarah pertama, menjelang diaktifkannya pasar modal di Indonesia pada tahun 1973. Pada masa itu merupakan pertama kalinya IAI melakukan modifikasi prinsip dan standar akuntansi yang berlaku di Indonesia dalam suatu buku "Prinsip Akuntansi Indonesia (PAI) ". 
Tonggak sejarah kedua, terjadi pada tahun 1984. Pada masa itu, Komite PAI melakukan revisi secara mendasar PAI 1973 dan kemudian mengkodifikasikannya dalam buku "Prinsip Akuntansi Indonesia 1984" dengan tujuan untuk menyesuaikan ketentuan akuntansi dengan perkembangan dunia usaha. 
Tonggak sejarah berikutnya
pada tahun 1994, IAI kembali melakukan revisi total terhadap PAI 1984 dan mengkodifikasikannya dalam buku "Standar Akuntansi Keuangan (SAK) per 1 Oktober 1994". Sejak tahun 1994, IAI jugs telah memutuskan untuk melakukan harmonisasi dengan standar akuntansi internasional dalam pengembangan standarnya. Pilihan untuk mengacu pada standar akuntansi internasional itu merupakan konsekuensi dari keterbukaan profesi akuntan Indonesia dalam menyongsong globalisasi pasarjasa profesi akuntan. Sejak diterbitkannya buku Standar Akuntansi Keuangan tahun 1994, IAI pun terus melakukan revisi secara berkesinambungan, baik berupa penyempurnaan standar yang ada maupun penambahan standar baru dan Interpretasi Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK). Proses revisi tersebut telah dilakukan empat kali, yaitu pada 1 Oktober 1995, 1 Juni 1996, 1 Juni 1999, dan 1 April 2002. Buku "StandarAkuntansi Keuangan Edisi 1 April 2002 " ini di dalamnya sudah bertambah dengan hasil kerja dari Dewan SAK periode 1998-2002 berupa tiga PSAK baru dan empat PSAK revisi. Sehingga sekarang buku ini, secara garis besar, berisi 58 PSAK beserta Kerangka Dasar Penyusunan dan Penyajian Laporan Keuangan yang melandasinya dan 4 Interpretasi Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (IPSAK).
Bagi anda yang ingin mengetahui PSAK terbaru untuk meningkatkan pemahaman anda tentang peraturan akuntansi di Indonesia, dapat anda download dengan klik link download berikut ini:
Cara Download: Klik link download diatas, setelah itu klik tombol "SKIP AD" setelah hitungan 5 detik yang ada dipojok kanan atas, selanjutnya klik download di halaman mediafire.

Baru-baru ini tepatnya hari kamis 19 desember 2013 Dewan standar akuntansi keuangan IAI mengesahkan PSAK 65,66,67,68 dan revisi PSAK 1,4,15,24 selengkapnya dapa dilihat di situs Ikatan akuntan indonesia.

Demikianlah Pembahasan Artikel akuntansi dalam blog akuntansi pendidik terkait dengan standar akuntansi keuangan yang diterapkan di indonesia. Semoga artikel ini dapat menjadi tambahan wawasan bagi saudara khususnya dalam ilmu akuntansi, sukses selalu bagi saudara yang gemar menimba ilmu.

Advertisement

7 Responses to " Download Standar Akuntansi Keuangan Terbaru"

  1. Boleh disebar luaskan ga filenya masbro? Btw thanks ya, sangat membantu :)

    ReplyDelete
  2. Silahkan filenya disebarkan, semoga saja file tentang standar akuntansi keuangan terbaru tersebut dapat bermanfaat bagi anda dan kawan-kawan lainnya..

    ReplyDelete
  3. maaf tanggal berapa di posting tentang PSAK itu? soalnya saya harus mencantumkan tanggal postingnya pada proposal PKL saya. btw, terima kasih sebelumnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Post tentang standar akuntansi keuangan ini diterbitkan pada tanggal 13 november 2012

      Delete
  4. Mas, link downloadnya koq gak bisa di buka ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. terimakasih gandi laporannya,, sekarang link download sudah saya perbaiki dan sudah dapat bekerja dengan normal

      Delete
  5. Anonymous24/6/13 21:59

    thank you bro bwt linknya
    sangat membantu sekali

    sukses selalu ya :)

    ReplyDelete

Silahkan saudara memberi respon untuk peningkatan mutu artikel blog akuntansi pendidik, peraturan dalam memberi komentar antara lain sebagai berikut:

1. Isi Komentar sesuai topik artikel yang dibahas
2. Tidak meninggalkan link aktif dalam kotak komentar
3. Tidak menerima komentar spam
4. Gunakanlah bahasa yang sopan dan jelas agar penulis dapat mengerti pesan yang saudara berikan

Terimakasih atas perhatian dan kerjasamanya.