MATERI TERBARU

Contoh RPP terbaru sesuai Standar Proses Pendidikan

Contoh RPP terbaru
RPP yang baik adalah RPP yang jelas atau mudah dimengerti, maksudnya siapapun yang melakukan pembelajaran dengan menggunakan RPP tersebut dapat membaca dan melakukan kegiatan pembelajaran sesuai dengan isi RPP karena didalam RPP tersebut dipaparkan tahap demi tahap (proses) yang mudah dipahami oleh orang yang membacanya. Jadi dalam membuat RPP sebaiknya dilakukan dengan memposisikan diri dengan baik sebagai seorang pendidik sehingga kita mampu memperkirakan kegiatan-kegiatan yang perlu dilakukan dan kegiatan apa yang harus dihindari selanjutnya kita menuangkan hasil pemikiran kita ke dalam Rpp.

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) memiliki peran yang penting dalam keberhasilan proses pembelajaran, karena begitu pentingnya maka pemerintah Indonesia menentukan standar dalam penyusunan RPP diantaranya tertulis dalam Permendiknas Nomor 41 Tahun 2007 tentang Standar Proses maupun PP 19 Tahun 2005 Pasal 20. Adapun tujuan dari adanya peraturan tersebut adalah untuk memberi acuan dalam pelaksanaan proses pendidikan yang dilakukan  di Indonesia salah satunya adalah penyusunan RPP. Dengan adanya peraturan tersebut maka seorang pendidik dapat menyusun RPP sesuai dengan kekreatifan masing-masing sehingga RPP yang disusun dapat dipraktikan dalam pembelajaran dengan baik namun penyusunan RPP tetap berpacu pada standar proses pendidikan yang berlaku di Indonesia.

Mengingat pentingnya RPP maka pemerintah melalui pihak terkait selalu mengadakan perubahan-perubahan dalam standar penyusunan RPP, perubahan ini bertujuan untuk meningkatkan efektifitas RPP dalam proses pembelajaran. Dalam ahir-ahir ini tepatnya dalam kurikulum KTSP yang saat ini diterapkan dalam pendidikan di Indonesia terdapat sejumlah pembaharuan dalam elemen-elemen Rpp, Pembaharuan tersebut antara lain:

Tujuan pembelajaran memuat audience, behaviour, condition, dan degree.
Maksudnya, dalam tujuan pembelajaran harus terdapat  peserta didik (audience), tingkah laku belajar (behaviour), kondisi belajar (condition), dan tingkat keberhasilan (degree).

Indikator dan tujuan Pembelajaran berusaha  menanamkan Karakteristik Kepribadian Bangsa
Maksudnya, dalam Rpp target seorang pendidik selain menyampaikan materi pembelajaran yang tercantum dalam standar isi, seorang pendidik juga diwajibkan menanamkan nilai luhur kepribadian bangsa sehingga selain menghasilkan generasi penerus bangsa yang cerdas juga dihasilkan generasi yang berkepribadian luhur.

Penerapan proses eksplorasi, elaborasi, dan konfirmasi dalam kegiatan inti pembelajaran
Eksplorasi :
Dalam kegiatan eksplorasi, guru melibatkan peserta didik dalam mencari dan menghimpun informasi, menggunakan media untuk memperkaya pengalaman mengelola informasi,memfasilitasi peserta didik berinteraksi sehingga peserta didik aktif, medorong peserta didik mengamati berbagai gejala, menangkap tanda-tanda yang membedakan dengan gejala pada peristiwa lain, mengamati objek di lapangan dan labolatorium.

Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru mendorong peserta didik membaca dan menuliskan hasil eksplorasi, mendiskusikan, mendengar pendapat, untuk lebih mendalami sesuatu,menganalisis kekuatan atau kelemahan argumen, mendalami pengetahuan tentang sesuatu,membangun kesepakatan melalui kegiatan kooperatif dan kolaborasi, membiasakan peserta didik membaca dan menulis, menguji prediksi atau hipotesis,menyimpulkan bersama, dan menyusun laporan atau tulisan, menyajikan hasil belajar.

Konfirmasi :
Dalam kegiatan konfirmasi, guru memberikan umpan balik terhadap apa yang dihasilkan peserta didik melalui pengalaman belajar, memberikan apresiasi terhadap kekuatan dan kelemahan hasil belajar dengan menggunakan teori yang dikuasi guru , menambah informasi yang seharusnya dikuasai peserta didik, mendorong peserta didik untuk menggunakan pengetahuan lebih lanjut dari sumber yang terpecaya untuk lebih menguatkan penguasaan kompetensi belajar agar lebih bermakna. Setelah memeperoleh keyakinan, maka peserta didik mengerjakan tugas-tugas untuk mengasilkan produk belajar yang kongkrit dan kontekstual.Guru membantu peserta didik menyelesikan masalah dan menerapkan ilmu dalam aktivitas yang nyata dalam kehidupan sehari-hari.

Demikianlah hal-hal yang baru dalam elemen RPP untuk sebagai bahan perbandingan maka dibawah ini saya berikan link download Contoh Rpp terbaru pelajaran ekonomi SMA, silahkan saudara download sebagai bahan belajar.  
untuk mendownloadnya silahkan klik dibawah ini kemudian anda akan dibawa ke halaman adf.Ly, pada halaman Adf.Ly anda klik "SKIP AD" yang ada di pojok kanan atas yang Muncul setelah 5 detik, setelah itu anda dapat mendownloadnya di halaman mediafire.

Download Contoh RPP terbaru sesuai Standar Proses

Advertisement

1 Response to "Contoh RPP terbaru sesuai Standar Proses Pendidikan"

  1. trima kasih pak, artikelnya sangat membantu

    ReplyDelete

Silahkan saudara memberi respon untuk peningkatan mutu artikel blog akuntansi pendidik, peraturan dalam memberi komentar antara lain sebagai berikut:

1. Isi Komentar sesuai topik artikel yang dibahas
2. Tidak meninggalkan link aktif dalam kotak komentar
3. Tidak menerima komentar spam
4. Gunakanlah bahasa yang sopan dan jelas agar penulis dapat mengerti pesan yang saudara berikan

Terimakasih atas perhatian dan kerjasamanya.