Materi Terbaru

CARA MENULIS ARTIKEL ILMIAH DENGAN BENAR

Format Artikel Ilmiah
Artikel Ilmiah merupakan tulisan yang membahas hasil penelitian dari seseorang yang telah melakukan penelitian yang bertujuan untuk menyampaikan atau mengkomunikasikan hasil penelitiannya kepada pihak lain dan ditulis sesuai dengan kaidah-kaidah khusus dalam penulisan secara ilmiah. Untuk menulis artikel Ilmiah dengan benar maka harus memperhatikan dan mengikuti kaidah penulisan artikel ilmiah, tujuannya adalah agar hasil penelitian yang ditulis dalam bentuk artikel ilmiah memuat  informasi yang relevan dengan penelitian secara ringkas dan padat. Bagi yang ingin mencoba menulis artikel ilmiah berikut ini saya jelaskan format penulisan artikel ilmiah yang sesuai dengan kode etik ilmiah.

Format penulisan artikel ilmiah

Artikel Ilmiah Terdiri dari delapan elemen sebagai berikut:

Judul Artikel Ilmiah

Judul harus mencerminkan isi pok artikel anda. Tulislah judul itu dengan sederhana tetapi menarik. judul ini harus merupakan pernyataan ringkas tentang topik utama dan menyebutkan variabel atau isu teoritis yang diteliti serta hubungan diantara variabel atau isu-isu tersebut.

Identitas Peneliti Artikel Ilmiah

Setelah judul anda menyebutkan nama anda sebagai penulis dan lembaga atau tempat anda bekerja

Abstrak

Abstrak adalah rangkuman singkat tetapi lengkap[ mengenai isi artikel. Abstrak ini ditulis untuk memudahkan pembaca mengetahui secara cepat isi artikel tersebut, dan seperti halnya judul. Abstrak yang baik harus akurat, lengkap, ringkas, spesifik, tidak evaluatif, padu dan mudah dipahami. Abstrak artikel berbasis penelitian empiris harus dapat menjelaskan hal-hal berikut dalam 100 sampai 120 kata.


a. Persoalan yang diteliti
kalau mungkin dituliskan dalam satu kalimat saja
b. Subjek yang diteliti
Meliputi  ciri-ciri yang relevan, seperti Jumlahnya, usianya, jenis kelaminnya dsb.
c. Metode eksperimen yang digunakan.
Meliputi peralatannya, prosedur pengumpulan data, nama tes yang digunakan.
d. Temuan Penelitian
Meliputi tingkat signifikansi statistiknya.
e. Kesimpulan dan Implikasi Penelitian

Pendahuluan

Bagian pendahuluan ini membicarakan masalah spesifik yang sedang diteliti dan menjelaskan strategi penelitiannya.Pendahuluan yang baik dan jelas meliputi:
a. Penjelasan masalah yang diteliti
b.Penjelasan bagaimana kaitan hipotesis dan desain eksperimen itu dengan masalah tersebut lengkap atau rinci.
c. Penjelasan implikasi teoritis penelitian tersebut dan bagaimana kaitannya dengan penelitian-penelitian sebelumnya dibidang itu.
Dalam membahas Penelitian-penelitian sebelumnya diasumsikan pembaca telah memiliki pengetahuan dibidang yang sedang anda tulis sehingga dalam pembahasan penelitian-penelitian sebelumnya tidak membahas secara lengkap atau rinci. Tinjauan penelitian sebelumnya bertujuan untuk memberi gambaran konteks dan sejarah masalah yang anda teliti selain itu juga untuk memperkuat penelitian kita.
pada ahir bagian pendahuluan anda perlu menyatakan secara eksplisit tujuan dan alasan dilakukan penelitian tersebut. anda perlu memberikan definisi variabel-variabel yang ada dalam penelitian tersebut serta menyebutkan secara formal hipotesis penelitian anda. Untuk semakin memperjelas uraian anda selanjutnya dalam artikel tersebut, sebaiknya anda memberikan garis besar logika penelitiannya.

Metode

Bagian ini menjelaskan secara rinci bagaimana penelitian itu dilakukan. Penjelasan semacam itu diperlukan untuk memungkinkan pembaca mengevaluasi ketepatan metode, reliabilitas, dan validitas hasil penelitian anda. Penjelasan rinci itu juga memungkinkan peneliti yang sudah berpengalaman untuk mengulang penelitian anda kalau mereka ingin melakukannya. Sebaiknya dalam metode ini terdiri dari sub bagian sebagai berikut:
a. Partisipan
yang meliputi penjelasan tentang populasi atau sample penelitian
b.Peralatan
Mrenjelaskan alat atau bahan yang digunakan serta fungsinya dalam eksperimen.
c.Prosedur
Menjelaskan langkah dalam pelaksanaan penelitian.

Hasil Penelitian

Bagian ini merangkum data yang dikumpulkan dan penerapan statistik terhadap data tersebut. Pertama secara ringkas kemukakan hasil-hasil penelitian yang penting. Kemudian laporkan hasilnya secara cukup rinci untuk mendukung kesimpulan itu.

Pembahasan Hail Penelitian


Dalam bagian ini merupakan bagian yang tepat untuk mengevaluasi dan menafsirka  implikasi hasil-hasil penelitian terutama dalam kaitanya dengan hipotesis aslinya. Anda bebas untuk memeriksa, menafsirkan, dan menjelaskan keterbatasan hasil-hasil tersebut, serta menarik kesimpulan dari hasil-hasil tersebut. Sebaiknya dalam pembahasan diawali dengan sebuah pernyataan jelas yang mendukung atau menolak hipotesis anda. Kesamaan dan perbedaan antara hasil-hasil penelitian anda dengan penelitian-penelitian sebelumnya akan memperjelas dan menguatkan kesimpulan anda. Setiap pernyataan baru harus memperkuat posisi anda dan menambah pemahaman pembeca tentang masalah tersebut.Hasil-hasil negatif harus diterima apa adanya.

Referensi yang digunakan

Semua artikel dalam kutipan anda harus dimasukan ke dalam daftar rujukan, dan semua rujukan harus dikutip de dalam teks.

Demikianlah pembahasan Cara Menulis Artikel Ilmiah dengan Benar semoga dapat memberi manfaat bagi anda, jika anda ingin mengetahui cara analisis data dengan analisis regresi linear silahkan baca artikel Skripsi dengan analisis regresi linear berganda sedangkan jika anda ingin membaca artikel atau postingan lain di blog ini silahkan klik Akuntansi Pendidik, salam sukses

Advertisement

0 Response to "CARA MENULIS ARTIKEL ILMIAH DENGAN BENAR"

Silahkan saudara memberi respon untuk peningkatan mutu artikel blog akuntansi pendidik, peraturan dalam memberi komentar antara lain sebagai berikut:

1. Isi Komentar sesuai topik artikel yang dibahas
2. Tidak meninggalkan link aktif dalam kotak komentar
3. Tidak menerima komentar spam
4. Gunakanlah bahasa yang sopan dan jelas agar penulis dapat mengerti pesan yang saudara berikan

Terimakasih atas perhatian dan kerjasamanya.