Materi Terbaru

JURNAL PEMBALIK ( APA SAJA YANG PERLU DI BALIK?? )

Hakikat Jurnal Pembalik

Setelah berakhirnya satu periode akuntansi, maka langkah awal memasuki periode akuntansi berikutnya adalah membuat ayat jurnal pembalik. Jurnal pembalik pada hakekatnya adalah jurnal untuk membalikan  ayat  jurnal  penyesuaian, artinya  jika  di jurnal penyesuaian ayat jurnal menunjukkan debit maka untuk jurnal pembalik ayat jurnal ini diletakkan sebelah kredit dan sebaliknya. namun tidak semua ayat jurnal penyesuaian harus dibalikan.




Disamping itu pembuatan ayat jurnal pembalik ini bukan suatu keharusan tergantung sistem pencatatan akuntansi perusahaan dalam hal pengakuan harta atau beban  dan  utang  atau  pendapatan atau dengan kata lain yang dibuatkan jurnal pembalik hanya beban   akrual    (beban  yang    ditangguhkan pembayarannya)   sehingga   muncul utang dan pendapatan akrual (pendapatan yang masih harus diterima) muncul piutang. Dasar penyusunan ayat jurnal pembalik adalah dari jurnal penyesuaian, indikator suatu ayat jurnal penyesuaian memerlukan jurnal pembalik adalah jika suatu ayat jurnal penyesuaian memunculkan akun riil yang baru (belum muncul di neraca saldonya).

Tujuan Pembuatan Jurnal Pembalik

Tujuan pembuatan jurnal balik ini adalah:
1. Untuk menyederhanakan pembuatan jurnal pada periode berikutnya. Pembuatan  jurnal balik ini akan bermanfat jika perusahan  membuat jurnal yang banyak jumlahnya.
2. Meminimalkan kekeliruan yang mungkin terjadi (untuk menghindari pengakuan pendapatan dan beban berganda karena penyusunan AJP)

Jurnal Penyesuaian yang perlu dibuat Jurnal pembalik


Jadi dapat diuraikan bahwa Hal-hal yang memerlukan Jurnal Pembalik, antara lain:

  1. Beban-beban yang masih harus dibayar.
  2. Beban dibayar di muka (bila dicatat sebagai beban).
  3. Pendapatan yang masih harus diterima.
  4. Pendapatan diterima di muka (bila dicatat sebagai pendapatan).
  5. Perlengkapan ( bila dicatat sebagai beban perlengkapan )

Secara lebih jelas lihatlah tabel dibawah ini :

Jenis-jenis jurnal pembalik

Kesimpulan : 
Jurnal pembalik adalah jurnal untuk membalikan  ayat  jurnal  penyesuaian, artinya  jika di jurnal  penyesuaian  ayat  jurnal menunjukkan debit maka untuk jurnal pembalik ayat jurnal ini diletakkan sebelah kredit dan sebaliknya.  namun  tidak  semua  ayat jurnal penyesuaian harus dibalikan, dengan kata lain pembuatan jurnal pembalik adalah opsional (pilihan). Penyusunan jurnal pembalik bertujuan untuk  menyederhanakan pembuatan jurnal pada periode berikutnya dan meminimalkan kekeliruan yang mungkin terjadi.

Demikianlah Pembahasan Jurnal Pembalik dalam blog akuntansi pendidik, semoga bermanfaat. Silahkan anda baca postingan Memahami makna jurnal pembalik secara komprehensif untuk menambah pemahaman anda tentang jurnal pembalik.

Advertisement

2 Responses to "JURNAL PEMBALIK ( APA SAJA YANG PERLU DI BALIK?? )"

  1. Terimakasih Banayk,.,.
    semoga bermanfaat,.,.
    SKP (Sistei Kebut Pagi")
    Mau UN Kejuruan nih,.,.
    Do'akan semoga lancar, & mendapatkan hasil yang memuaskan,.,.
    Amin,.,.
    GJ4U,.,.

    BalasHapus
  2. Terimakasih, penjelasannya mudah dipahami :)

    BalasHapus

Silahkan saudara memberi respon untuk peningkatan mutu artikel blog akuntansi pendidik, peraturan dalam memberi komentar antara lain sebagai berikut:

1. Isi Komentar sesuai topik artikel yang dibahas
2. Tidak meninggalkan link aktif dalam kotak komentar
3. Tidak menerima komentar spam
4. Gunakanlah bahasa yang sopan dan jelas agar penulis dapat mengerti pesan yang saudara berikan

Terimakasih atas perhatian dan kerjasamanya.