MATERI TERBARU

Neraca Lajur

Neraca Lajur merupakan alat bantu untuk menyusunan laporan laba-rugi, laporan ekuitas pemilik, dan neraca. Neraca Lajur (Working Paper) adalah kertas yang digunakan untuk mengikhtisarkan ayat jurnal penyesuaian dan sldo akun untuk penyusunan laporan keuangan. Neraca lajur bermanfaat untuk memahami arus data akuntansi dari neraca saldo yang belum disesuaikan ke laporan keuangan,  neraca lajur terdiri dari 10 kolom, yaitu: Neraca saldo, AJP, Neraca saldo setelah penyesuaian, Laporan laba-rugi, Neraca, masing-masing terdiri dari sisi debet dan kredit. Neraca Lajur disusun dengan memindahkan data-data Neraca Saldo dan Jurnal Penyesuaian. 

Bentuk Neraca lajur 10 Kolom

Bentuk kertas kerja 10 kolom
Keterangan :

Kolom nomor Akun
Digunakan untuk menampung nomor-nomor rekening buku besar. Pengisian nomor ini hanya memindahkan secara langsung nomor-nomor rekening yang tercantum dalam kolom nomor rekening neraca saldo.

Kolom nama rekening
Digunakan untuk menampung nama-nama rekening buku bear.

Kolom neraca saldo

Digunakan untuk menampung angka rupiah dari tiap-tiap rekening yang menjadi nilai rekening yang bersangkutan.

Kolom Penyesuaian
Digunakan untuk menampung angka rupiah dari tiap-tiap rekening yang diambilkan dari jurnal penyesuaian.

Kolom neraca saldo setelah penyesuaian

Digunakan untuk menampung angka-angka dari kolom neraca saldo setelah angkanya dipertemukan dengan angka-angka penyesuaian yang terdapat di dalam  kolom penyesuaian.

Kolom rugi-laba

Digunakan untuk menampung angka-angka rekening dari kolom neraca saldo setelah penyesuaian, yang termasuk dalam kelompok rekening nominal ( rekening beban dan pendapatan).

Kolom Neraca
Digunakan untuk menampung angka-angka rekening dari kolom neraca saldo setelah penyesuain,yang termasuk  dalam kelompok rekening rill (rekening harta, utang, modal,prive dan akumulasi penyusutan).



Setelah memahami makna neraca lajur dan bentuk-bentuk neraca lajur, maka disarankan untuk untuk melanjutkan pembahasan lebih lanjut tentang penyusunan neraca lajur akan dibahas di postingan yang berjudul Cara menyusun Neraca Lajur dengan benar. Demikianlah Pembahasan awal dari neraca lajur atau kertas kerja dalam blog akuntansi pendidik

Advertisement

1 Response to "Neraca Lajur"

  1. Artikel ini sangat membantu untuk akuntansi pemula seperti saya

    ReplyDelete

Silahkan saudara memberi respon untuk peningkatan mutu artikel blog akuntansi pendidik, peraturan dalam memberi komentar antara lain sebagai berikut:

1. Isi Komentar sesuai topik artikel yang dibahas
2. Tidak meninggalkan link aktif dalam kotak komentar
3. Tidak menerima komentar spam
4. Gunakanlah bahasa yang sopan dan jelas agar penulis dapat mengerti pesan yang saudara berikan

Terimakasih atas perhatian dan kerjasamanya.